Hampir seluruh aktivitas manusia saat ini didukung dan dimudahkan dengan adanya teknologi. Tidak terkecuali untuk urusan pekerjaan, perusahaan banyak memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan kinerja bisnisnya. Dengan banyaknya pemanfaatan teknologi di lingkungan perusahaan, otomatis kebutuhan untuk memiliki SDM yang terampil dalam bidang teknologi akan semakin meningkat.

Kebutuhan ini pun tercermin dari pernyataan Menkominfo, yang menyatakan bahwa sejak 2015, Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Itu artinya, hingga 2030 Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital.

Tentunya, teknologi adalah bidang yang sangat luas. Ada banyak bidang dalam teknologi yang perlu dipelajari, seiring dengan kebutuhannya yang meningkat untuk lingkungan perusahaan.

Di artikel ini, kita akan mengulik lebih lanjut mengenai skill IT yang dibutuhkan saat ini dan seterusnya. Perlu diketahui bahwa skill IT yang dibutuhkan sejalan dengan solusi IT yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap bertahan dan berkembang di situasi dinamis. Berikut penjelasannya:

1. Cyber Security

Cyber security merupakan salah satu skill yang sangat dibutuhkaan saat ini dan seterusnya. Semakin banyak penggunaan teknologi, maka akan semakin banyak pula potensi atau celah bagi perusahaan untuk menjadi target serangan siber. Oleh karena itu, perusahaan akan membutuhkan banyak talenta-talenta baru dengan kemampuan cyber security yang baik agar berjalannya bisnis perusahaan dengan bantuan teknologi dapat terlaksana dan menghasilkan output yang maksimal.

2. Data Analytics & Data Science

Memasuki era digital, peran data menjadi hal krusial bagi keberlangsungan bisnis perusahaan. Bahkan, seluruh perusahaan kini menunjukkan bahwa mereka menginginkan budaya yang berbasis data. Untuk itu, perusahaan perlu meningkatkan cara mereka membuat keputusan yang didukung oleh data dengan memanfaatkan keahlian manusia yang dapat mengelola data dengan baik.

Data analytics dan data science adalah dua keahlian dalam bidang big data yang sangat diperlukan saat ini dan seterusnya, di mana perbedaannya terletak pada data analytics mengarah pada entry-level skill, sedangkan data science berada di tingkat yang lebih ahli.

3. Artificial Intelligence (AI)

Saat ini, kecepatan adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor. Karena AI dinilai sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, semakin banyak perusahaan yang mengimplementasi AI untuk membantu mereka tetap produktif memenuhi kebutuhan bisnis di tengah pandemi, dan secara tepat mengambil keputusan jika diperlukan berdasarkan situasi yang ada. Itu semua dapat dilakukan dengan bantuan teknologi AI.

Oleh karena itu, saat ini semakin banyak perusahaan yang mencari talenta dengan keahlian di bidang AI. Bahkan, kebutuhan ini diprediksi akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Keterampilan yang paling dicari di bidang AI adalah natural language processing (NLP), automated speech recognition (ASR) dan automation.

4. Software Development

Hampir seluruh bisnis saat ini memanfaatkan platform digital untuk beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan. Oleh karena itu, kemampuan untuk mengembangkan aplikasi akan selalu menjadi salah satu skill IT yang dibutuhkan saat ini dan seterusnya dalam lingkungan perusahaan. Namun, di masa depan, kualifikasi untuk menjadi software developer akan terus bertambah seiring dengan proses bisnis yang akan semakin kompleks.

5. Cloud Computing

Skill di bidang cloud computing menjadi salah satu skill yang dibutuhkan saat ini dan seterusnya. Kebutuhan ini muncul karena sejak pandemi, semakin banyak perusahaan yang beralih ke solusi cloud untuk penggunaan teknologinya.  

Tren cloud computing melahirkan kebutuhan untuk memiliki para ahli cloud computing yang dapat merancang, merencanakan, mengelola, memelihara, dan mendukung penggunaan cloud computing dalam lingkungan perusahaan.

Demikian 5 skill IT yang dibutuhkan saat ini dan seterusnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa skill IT yang dibutuhkan sejalan dengan solusi IT yang dibutuhkan perusahaan untuk tetap bertahan dan berkembang di situasi dinamis, maka selain memiliki SDM unggul dengan 5 skill tersebut, perusahaan juga perlu bekerja sama dengan perusahaan penyedia solusi IT terpercaya untuk memaksimalkan perjalanan transformasi digitalnya.

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai rencana kesuksesan perjalanan transformasi digital perusahaan Anda.

Referensi:

https://learntocodewith.me/posts/tech-skills-in-demand/#cloud-computing

https://www.comptia.org/blog/top-it-skills-in-demand

https://www.itcareerfinder.com/brain-food/blog/entry/top-10-technology-skills-2021.html

Artikel terkait:

 

Click on the link below to read this article in English:

https://phincon.com/2021/05/30/5-in-demand-it-skills-in-2021-and-beyond/