5 Tips Menciptakan Pengalaman Perbankan Digital yang Aman untuk Nasabah

/5 Tips Menciptakan Pengalaman Perbankan Digital yang Aman untuk Nasabah

5 Tips Menciptakan Pengalaman Perbankan Digital yang Aman untuk Nasabah

Bank dan institusi finansial telah mengarahkan nasabahnya untuk melakukan banyak aktivitas finansial melalui platform digital. Layanan yang tersedia di platform digital selalu dikembangkan untuk memenuhi tren dan kebutuhan nasabah.

Untuk mendapatkan “trust” dari para nasabah tidak lah mudah, terlebih citra layanan digital yang saat ini masih belum 100% aman di mata sebagian nasabah juga menjadi tantangan utama bagi perusahaan.

Sebelum memutuskan untuk memfasilitasi nasabah dengan layanan perbankan digital, bank atau institusi finansial lainnya harus berpikir tentang seberapa baik pengalaman digital yang akan didapatkan nasabah.

Oleh karena itu, untuk memperlancar proses pengembangan layanan yang masih terus dilakukan, bank harus menjadikan pengalaman perbankan digital yang aman menjadi satu keunggulan yang harus ditawarkan kepada nasabah.

Untuk perusahaan perbankan dan institusi finansial lainnya, mari terapkan 5 tips ini untuk menciptakan pengalaman perbankan digital yang aman untuk nasabah!

1. Kembangkan proses autentikasi yang aman

Sesuai dengan tujuannya, penggunaan aplikasi mobile banking harus memberikan nasabah kemudahan untuk menggunakan layanan perbankan hanya dengan menggunakan perangkat ponselnya.

Namun, perlu diingat walaupun bank dituntut untuk memberikan pengalaman digital yang nyaman, cepat, dan mudah bagi seluruh nasabah, keamanan harus tetap menjadi prioritas utama.

Pertama, untuk memberikan pengalaman perbankan digital yang aman, perusahaan perlu memilih dan mengembangkan proses autentikasi yang cepat dan terjamin keamanannya.

2. Adopsi pendekatan omnichannel

Agar selalu kompetitif, perusahaaan harus mencari cara untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sama baiknya di seluruh channel. Tantangan bagi pelanggan saat ini dalam menggunakan layanan digital adalah setiap channel membutuhkan cara proses autentikasi yang berbeda, sehingga pengalaman pelanggan yang praktis dan mudah tidak dirasakan.

Oleh karena itu, bank atau institusi finansial lainnya harus menggunakan pendekatan omnichannel dalam layanan digitalnya. Gunakan teknologi yang dapat membantu nasabah terhindar dari proses autentikasi yang berulang saat berpindah dari satu interaksi ke interaksi lainnya.

3. Jadikan setiap transaksi aman dari segala potensi serangan siber

Banyak peretas memanfaatkan teknik manipulasi psikologis manusia untuk mencuri informasi berharga seperti nama pengguna, password, nomor kartu kredit, atau data sensitif lainnya. Walaupun banyak bank sudah mengimplementasi sistem keamanan yang cukup kuat, kenyataannya dampak dari serangan siber masih belum sepenuhnya teratasi dalam dunia perbankan.

Solusi untuk masalah ini adalah bank harus memastikan setiap aplikasi mobile banking yang digunakan nasabah memiliki sistem keamanan yang mampu menolak transaksi mencurigakan secara otomatis tanpa perlu keterlibatan konfirmasi dari nasabah yang bersangkutan.  

4. Terapkan compliance berdasarkan regulasi

Mengimplementasi solusi yang membantu perusahaan menerapkan kontrol proteksi data yang kuat untuk mendukung penerapan compliance dengan regulasi seperti PSD2 atau GDPR adalah suatu keharusan bagi bank atau institusi finansial lainnya untuk dapat menciptakan pengalaman perbankan digital yang aman untuk nasabah.

5. Implementasi solusi Mobile App Shielding

Untuk mendukung akselerasi layanan digital banking, bank dapat memanfaatkan solusi Mobile App Shielding sebagai solusi keamanan untuk memproteksi aplikasi mobile banking yang digunakan nasabah.

Teknik serangan yang umum digunakan peretas untuk menyerang aplikasi mobile banking seperti keylogging, screen reading, code injection, dan teknik serangan lainnya dapat dicegah hanya dengan menggunakan satu solusi keamanan yaitu Mobile App Shielding.

Solusi Mobile App Shielding menawarkan beberapa fitur untuk membantu perusahaan perbankan memperluas dan meningkatkan keamanan aplikasi mobile bankingnya, informasi lebih lanjut mengenai solusi Mobile App Shielding dapat dibaca di artikel berikut ini: https://phintraco.com/solusi-atasi-tantangan-keamanan-layanan-digital-banking/

Transformasi digital adalah suatu kebutuhan utama bagi bank dan institusi finansial, melihat kebutuhan dan preferensi nasabah yang sudah beralih ke layanan digital karena dianggap lebih praktis dan cepat.

Dalam layanan digital, keamanan adalah aspek utama yang harus diprioritaskan oleh setiap perusahaan. Jika perusahaan dapat menawarkan pengalaman digital yang aman bagi nasabah, maka kesempatan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan akan semakin terbuka lebar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi yang dapat membantu perusahaan menciptakan pengalaman perbankan digital yang aman untuk nasabah, silahkan hubungi kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.itproportal.com/features/eight-tips-to-create-a-seamless-and-secure-mobile-banking-experience/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US