Blog

Tingkatkan Efektivitas Komunikasi Bisnis Pascapandemi

08 December 2021 Blog

Berdasarkan survey dari Gartner mengatakan bahwa lebih dari 80% pimpinan perusahaan berencana untuk memberi izin kepada karyawannya untuk dapat work from anywhere atau bekerja di luar kantor pasca pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 menyebabkan percepatan digitalisasi, sehingga banyak berbagai tools komunikasi yang memudahkan kolaborasi antar divisi. Tools tersebut diperlukan agar dapat memastikan segala sesuatunya tetap berjalan meskipun tidak tatap muka. Namun, apakah hal tersebut akan selamanya efektif? Seperti yang kita tahu, pandemi masih ada hingga akhir 2021 ini. Jika penggunaan berbagai tools terus dilakukan, akan meningkatkan biaya operasional.

Cara Menemukan Solusi yang Efektif Untuk Perusahaan Anda

Pandemi Covid-19 belum berakhir di Indonesia, bahkan di dunia. Hal ini menyebabkan perekonomian berada di ketidakpastian dan bisnis harus dapat bertahan menghadapi hal tersebut. Biaya operasional perusahaan harus terus diminimalkan agar perusahaan dapat bertahan di ketidakpastian pascapandemi. Pengurangan biaya operasional salah satunya dapat dilakukan dengan menyediakan akses komunikasi bisnis lebih cepat dan terintegrasi ketika work remotely. Berikut adalah cara menemukan solusi terbaik untuk perusahaan Anda:

  1. Lakukan evaluasi terhadap digital environment yang berlaku

Apakah aplikasi-aplikasi yang perusahaan Anda gunakan saat ini memenuhi kebutuhan karyawan Anda dan apakah pekerjaan tim berjalan dengan efektif?

  1. Mengevaluasi potensi layanan berbasis cloud

Cloud memberikan fleksibilitas untuk mendukung pekerjaan jarak jauh dan akses yang lebih cepat dengan berbagai tools.

  1. Lakukan penilaian solusi dari third-party

Solusi teknologi untuk layanan komunikasi bisnis tersedia dari berbagai macam third-party. Menggunakan solusi teknologi dari third-party dapat menawarkan pengurangan biaya pengoperasian serta menyederhanakan cara kerja tools komunikasi tersebut.

  1. Gunakan solusi unified communication

Solusi unified communication akan memudahkan perusahaan Anda berkomunikasi antar rekan kerja. Penggunaan solusi unified communication yang lebih lengkap dapat menghubungkan alat komunikasi Anda dengan konsumen. Sehingga karyawan akan bekerja lebih produktif ketika bekerja di luar kantor.

Solusi Unified Communication Satu Platform Berbagai Kegunaan

Jika perusahaan sangat ingin menerapkan sistem bekerja di luar kantor dalam jangka panjang, perusahaan perlu menerapkan strategi yang mudah dan penggabungan aplikasi yang dapat melakukan individual meeting, telefon, dan pesan teks antar tim. Solusi unified communication merupakan solusi yang memudahkan perusahaan dalam berkomunikasi, meeting, dan berbagi konten hanya dengan satu platform. Tanpa solusi unified communication, pekerjaan dan produktivitas terganggu. Karyawan terus melakukan pekerjaan dengan aplikasi yang banyak. Aplikasi untuk meeting berbeda dengan aplikasi untuk berbagi konten, dan tidak terintegrasi dengan aplikasi CRM dan beberapa aplikasi proses bisnis yang lain. Hal tersebut menghambat produktivitas. Penggunaan aplikasi yang berbeda-beda membuat tingginya biaya operasional karena lisensi yang terpisah. Selain itu, sulit bagi supervisor untuk mengelola dan memantau pekerjaan karyawan yang melakukan pekerjaan di banyak tempat secara virual.

 

Work from anywhere secara masif dilakukan perusahaan pada awal tahun 2020. Hal tersebut merupakan awal dari gerakan pascapandemi yang signifikan dan akan berlangsung dalam jangka panjang. Agar work from anywhere dapat berlangsung efektif dalam jangka panjang, perusahaan perlu mengembangkan digital environment yang sebelumnya menggunakan berbagai macam aplikasi yang terpisah menjadi pendekatan komunikasi yang mudah dan terintegrasi dengan solusi unified communication.

Phintraco Technology merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang melayani layanan solusi unified communication. Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut dari para ahli mengenai solusi unified communication.

 

Referensi:

https://www.gartner.com/en/newsroom/press-releases/2020-07-14-gartner-survey-reveals-82-percent-of-company-leaders-plan-to-allow-employees-to-work-remotely-some-of-the-time

https://www.avaya.com/blogs/archives/2021/03/value_of_ucaas/

 

Artikel terkait:

Solusi Unified Communnication: Solusi Tepat untuk Startup

Leave a Reply

Your email address will not be published.