Setelah membaca artikel sebelumnya dengan judul “Apa Itu API Management dan Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?”, mari kita ketahui lebih lanjut apa saja fitur unggulan solusi API management yang ditawarkan oleh PhinCon dan manfaatnya bagi perusahaan.

Solusi API management yang ditawarkan oleh PhinCon adalah Mulesoft’s Anypoint Platform. Mulesoft’s Anypoint Platform telah diakui keunggulannya, dibuktikan dengan posisinya di Gartner’s Magic Quadrant untuk kategori Full Life Cycle API Management. Fitur-fitur unggulan yang dimiliki Anypoint Platform ini dapat digunakan untuk memaksimalkan manfaat API management untuk perusahaan.

Lantas, apa saja kelebihan fungsi solusi API management dari PhinCon–Mulesoft’s Anypoint Platform—untuk memaksimalkan manfaat API management bagi perusahaan?

Anypoint Platform memungkinkan perusahaan untuk merancang, membangun, dan mengelola integrasi API sehingga perusahaan dapat memodernisasi aplikasi lama, beralih ke cloud, membuat produk baru, dan masih banyak lagi. Anypoint Platform mencakup solusi API management dan Management Center dengan kemampuan berikut ini:

  • Design Center

Design Center adalah sebuah interface yang menyediakan tools untuk mempermudah perancangan API, menyusun alur integrasi dan membuat konektor.

  • Anypoint Exchange

Anypoint Exchange adalah sebuah API Store yang digunakan untuk menyimpan dan membagikan aset yang dapat digunakan kembali seperti API, konektor, dan template secara publik maupun pribadi yang dimiliki perusahaan.

  • Management Center

Management Center adalah API management web interface terpadu yang memungkinkan user mengelola segala aspek Anypoint Platform pada on-premises dan cloud, serta mengelola user API, traffic, SLAs, alur integrasi, dan lain-lain.

  • Mule Runtime

Mule runtime adalah runtime engine dari Anypoint Platform yang menggabungkan integrasi dan orkestrasi aplikasi dengan kemampuan integrasi data yang canggih. Mule runtime diterapkan sebagai on-premises integration engine, hybrid iPaaS, atau API Gateway.

  • Anypoint Connectors

Anypoint connectors menyediakan konektivitas cepat ke endpoint untuk spesifikasi API.

  • Runtime Services

Runtime services memberikan keamanan di tingkat enterprise-grade, serta tingkat skalabilitas, keandalan, dan ketersediaan yang cukup tinggi.

Dalam Management Center dan solusi API management pada Anypoint Platform, ada tiga kemampuan utama yang membuat Anypoint Platform patut dijadikan sebagai pilihan utama:

  • Full API Lifecycle Management

Anypoint Platform dikenal sebagai solusi unggul untuk kategori Full API Lifecycle Management, karena fiturnya memungkinkan perusahaan memiliki platform terpadu yang dapat melacak setiap API dan integrasi dari end-to-end. Dengan penggunaan Anypoint Platform dan rangkaian fiturnya yang lengkap, perusahaan dapat memaksimalkan pembuatan API dan proses integrasi yang lebih cepat 64% dari sebelumnya.

  • Single Management Pane for APIs and Hybrid Integrations

Anypoint Platform adalah solusi yang terpadu. Artinya, dengan fitur Management Center yang ada di Anypoint Platform, perusahaan dapat menerima single management pane untuk API dan integrasi hybridnya. Fitur ini dapat mengurangi proses pemeliharaan API dan integrasi sebanyak 63%.

  • Node Level Policy-based Security

Perusahaan yang mengadopsi Anypoint Platform dapat meraih peningkatan keamanan integrasi sebesar 94%. Setiap API, integrasi dan aset perusahaan yang dimiliki akan dilindungi oleh keamanan pada node-level.

Saat ini, API management menjadi solusi yang sangat penting untuk dimiliki setiap perusahaan. Setiap perusahaan yang menggunakan API atau bergantung pada API dalam memberikan layanan kepada pelanggan harus memiliki solusi API management terpadu agar dapat memastikan pertumbuhan bisnis berjalan sesuai rencana.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Anypoint Platform dan konsultasi bersama tim konsultan IT kami, silahkan hubungi marketing@phintraco.com

 

Sumber:

https://www.mulesoft.com/resources/api/what-is-api-management