Pengertian dan Cara Kerja API (Application Programming Interface)

/Pengertian dan Cara Kerja API (Application Programming Interface)

Pengertian dan Cara Kerja API (Application Programming Interface)

Bagi sebagian orang, keberadaan API atau Application Programming Interface mungkin jadi sesuatu hal yang jarang disadari. Padahal, fungsinya sangat memudahkan kegiatan dan kebutuhan kita sehari-hari.

Jika Anda membaca artikel ini, pasti Anda ingin mengetahui apa itu API, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa API sangat banyak digunakan oleh para developer. Artikel ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda mengenai API, mari simak penjelasannya!

Pengertian API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface, berfungsi sebagai perantara yang menjembatani dua aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain. API dapat dianalogikan sebagai penerjemah antara dua orang yang tidak berbicara dengan bahasa yang sama, tetapi tetap dapat berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain. Bagi mobile developer atau web developer, API adalah salah satu aspek yang paling penting untuk membantu pekerjaan mereka, karena dapat menyederhanakan program yang sedang mereka buat di dalam sebuah website atau aplikasi.

Contoh dan Cara Kerja API

Ketika Anda menggunakan aplikasi untuk berbagai aktivitas atau transaksi, aplikasi tersebut akan terhubung ke internet dan mengirim data ke server. Lalu, server akan mengambil data tersebut, menerjemahkannya, melakukan tindakan yang diperlukan, dan mengirimkannya kembali ke ponsel Anda. Kemudian, aplikasi yang Anda gunakan akan menerjemahkan data tersebut dan memberi informasi yang Anda butuhkan dengan cara yang dapat dibaca oleh manusia. Seluruh proses tersebut dapat terjadi dengan adanya API.

Agar pembaca dapat lebih mudah memahami contoh dan cara kerja API, kami sudah menyiapkan contoh penggunaan API yang lebih dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mari simak penjelasan berikut.

Di era serba digital seperti saat ini, kita diberi kemudahan untuk memesan berbagai macam tiket melalui satu aplikasi aggregator, contohnya tiket penerbangan.

Di aplikasi tersebut, ada beragam pilihan yang memudahkan proses pencarian, seperti kota tujuan, pilihan maskapai penerbangan, tanggal keberangkatan dan kepulangan, kelas penerbangan, jumlah penumpang, dan variabel lainnya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan hasil pencarian berisikan maskapai penerbangan mana saja yang tersedia sesuai dengan detail pencarian yang telah Anda lakukan. Lalu, bagaimana proses tersebut dapat terjadi? Di proses itu lah API berperan.

Ketika pengguna aplikasi melakukan detail pencarian, aplikasi aggregator yang Anda gunakan akan berinteraksi dengan API maskapai penerbangan. Peran API di proses ini adalah untuk memberikan data yang diminta, mencari ketersediaan di maskapai yang ada, lalu mengembalikan data tersebut kepada pengguna aplikasi.

Jadi, API sangat dibutuhkan oleh developer, agar mereka tidak perlu membuat kode atau membangun program dari awal. Dengan adanya API, pengguna website atau aplikasi juga akan lebih merasakan kemudahan, karena mereka langsung mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan secara keseluruhan tanpa harus keluar dari satu halaman website atau aplikasi yang sedang dikunjungi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa API adalah aspek yang sangat dibutuhkan oleh developer, karena dapat memudahkan pekerjaan mereka dalam proses pembuatan program di dalam website atau aplikasi.

Untuk membantu para developer memanfaatkan API secara optimal, serta merancang dan membangun API yang dapat bekerja sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan perusahaan, developer dapat memanfaatkan solusi API management. Solusi API management memberi kemudahan bagi perusahaan – khususnya developer untuk merancang, mengembangkan, mengimplementasi, dan memantau API – bahkan saat API perlu diintegrasikan dengan sistem lama.

Referensi:

https://www.mulesoft.com/resources/api/what-is-an-api

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US