5 Manfaat Ini Buktikan Pentingnya Cloud bagi Perusahaan

/5 Manfaat Ini Buktikan Pentingnya Cloud bagi Perusahaan

5 Manfaat Ini Buktikan Pentingnya Cloud bagi Perusahaan

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan yang telah beralih ke sistem komputasi awan atau Cloud Computing dalam operasional mereka. Cloud Computing itu sendiri adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi. Oleh karena itu, sistem Cloud bagi perusahaan di era digital sangat penting untuk dipertimbangkan, demi pengelolaan data yang terjamin.

Dengan pemanfaatan teknologi Cloud dalam sebuah perusahaan, karyawan dapat mengakses layanan kapan saja dan dari lokasi mana saja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Layanan Cloud terbagi dalam tiga kategori utama, yang terdiri dari Platform as a Service (PaaS), Infrastructure as a Service (IaaS), dan Software as a Service (SaaS). Setiap perusahaan dapat memilih salah satu dari layanan ini, tergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan. Mari kenali 5 manfaat berikut ini yang membuktikan pentingnya Cloud bagi perusahaan.

  1. Efisiensi biaya operasional

Dengan memanfaatkan teknologi Cloud, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli dan merawat perangkat penyimpanan data dan aplikasi perusahaan. Terlebih ketika perusahaan beralih ke Cloud, perusahaan hanya harus mengeluarkan biaya untuk layanan yang digunakan. Penyedia layanan Cloud akan membebankan biaya kepada perusahaan berdasarkan fitur, penyimpanan, jumlah user, waktu, dan ruang memori yang digunakan. Karena inilah, pemanfaatan Cloud membuat perusahaan dapat memilih layanan yang sesuai dengan anggaran dan menciptakan efisiensi biaya operasional.

  1. Fleksibilitas

Salah satu manfaat utama dari teknologi Cloud adalah fleksibilitas. Layanan Cloud memberikan setiap karyawan sebuah fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja. Terutama di situasi pandemi seperti saat ini, siapa yang tak ingin kinerja perusahaannya tetap berjalan efektif dan efisien?

Tentunya, semua perusahaan menginginkan hal tersebut. Karena itu, sistem Cloud atau Cloud Computing ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Setiap karyawan dapat bekerja dan mengakses data yang dibutuhkan dimana dan kapan saja, asal terhubung dengan koneksi internet. Cloud Computing memungkinkan perusahaan untuk memantau kegiatan operasional secara efektif. Setiap user hanya perlu koneksi internet yang memadai untuk mendapatkan update dari seluruh kegiatan operasional secara real-time.

  1. Skalabilitas untuk perusahaan yang berkembang

Setiap perusahaan pasti berusaha untuk terus berkembang. Saat perusahaan benar-benar mengalami perkembangan, kebutuhan penyimpanan data perusahaan tentu akan sangat berbeda. Cloud merupakan sebuah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan memanfaatkan layanan Cloud, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas kebutuhan penyimpanan mereka kapan saja. Jadi, perusahaan dapat tetap memiliki fasilitas penyimpanan dengan kapasitas yang sesuai meski perusahaan terus mengalami perkembangan.

  1. Keamanan data lebih terjamin

Salah satu hal yang sering menimbulkan permasalahan di sebuah perusahaan adalah masalah keamanan data. Apabila data perusahaan tidak disimpan dalam sebuah tempat dengan sistem keamanan yang baik, maka data akan sangat rentan terhadap tindakan kriminalitas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Teknologi Cloud menghadirkan banyak fitur keamanan yang dapat menjamin bahwa data perusahaan benar-benar tersimpan dengan aman dan terlindungi.

  1. Meningkatkan kolaborasi

Kolaborasi yang baik selalu dibutuhkan untuk hasil yang maksimal. Tentunya, setiap perusahaan ingin semua karyawannya dapat berkolaborasi dengan baik agar target yang ditentukan dapat tercapai. Dengan memanfaatkan layanan Cloud, karyawan dapat dengan mudah berbagi data secara real-time dan berkolaborasi untuk menyelesaikan project, bahkan dari lokasi yang berbeda. Data yang tercantum pada perangkat apa pun akan selalu sama dan terupdate secara real-time, sehingga dapat terhindar dari redundansi data.

Dengan 5 manfaat yang telah disebutkan di atas, maka sudah bisa disimpulkan mengenai pentingnya Cloud bagi perusahaan. Kesimpulannya adalah, pemanfaatan Cloud bagi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, menghemat biaya operasional, dan membuat perusahaan memiliki skalabilitas yang baik.

Sumber:

https://www.growthbusiness.co.uk/7-reasons-business-needs-move-cloud-2552054/

Artikel terkait:

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US