Blog

SMS Bulk Reguler dan SMS Bulk Premium, Apa Perbedaannya?

24 November 2020 Blog

Saat ini, berbagai macam pilihan media telah tersedia dan siap digunakan perusahaan untuk selangkah lebih dekat dengan pelanggannya. Meskipun berbagai macam media sudah tersedia, tahukah Anda bahwa SMS Bulk –yang memiliki dua fungsi yaitu SMS Bulk Reguler dan SMS Bulk Premium– masih menjadi pilihan strategis yang paling banyak digunakan perusahaan dan terbukti memberikan hasil yang efektif?  

Mengapa layanan SMS Bulk banyak dipilih perusahaan?

Sebelum mengetahui alasannya, mari kita pahami pengertian sederhana mengenai SMS Bulk terlebih dahulu.

SMS Bulk adalah layanan berupa penyebaran pesan dalam jumlah besar yang biasanya dikirimkan kepada penerima dengan nomor telepon selular. SMS Bulk biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk keperluan pemasaran dan pengendalian penipuan.  

Mengingat saat ini kepopuleran SMS mungkin kalah dengan aplikasi pengiriman pesan singkat lainnya, bukan berarti penggunaannya sudah tidak efektif lagi bagi bisnis. Alasannya, penggunaan SMS Bulk memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan strategi komunikasi yang lainnya. SMS Bulk bisa menjangkau konsumen dengan berbagai macam tipe ponsel dan provider yang dimiliki. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegunaannya tidak dibatasi oleh jarak, internet, dan hal lainnya.

Di dalam setiap ponsel pun pasti memiliki fitur SMS di dalamnya, sehingga perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh pelanggan dapat dijangkau, tidak bergantung pada daerah yang memiliki jaringan internet yang dapat diandalkan saja.

Jenis layanan SMS Bulk

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan layanan SMS Bulk untuk bisnis Anda, percayakan kebutuhan Anda bersama MitraComm Ekasarana! Sebagai perusahaan penyedia layanan teknologi di Indonesia, MitraComm hadir dengan solusi SMS untuk perusahaan, yang salah satunya adalah layanan SMS Bulk. Perlu diketahui bahwa terdapat 2 pilihan layanan SMS Bulk, yaitu SMS Bulk reguler dan SMS Bulk premium. Apa yang membedakan kedua layanan tersebut?

  • SMS Bulk Reguler

SMS Bulk reguler biasanya digunakan untuk mengirimkan konten sms yang berkaitan dengan promosi, informasi atau notifikasi.

Partner menggunakan aplikasi untuk melakukan pengiriman SMS berbasis web, dimana user dapat membuat phonebook, membuat group phonebook, melakukan pengiriman SMS dan melihat report secara realtime.

  • SMS Bulk Premium

SMS Bulk premium digunakan untuk mengirimkan kode OTP (One Time Password) yang diperlukan untuk suatu proses verifikasi.

Partner memiliki suatu aplikasi yang dapat mengirimkan pesan ke server MitraComm secara realtime dan SMS Gateway MitraComm akan langsung mengirimkan ke nomor telepon pelanggan. Untuk hal integrasi antara server partner dan MitraComm, menggunakan API yang telah disepakati para pihak terkait.

Mengapa harus menggunakan SMS Bulk Premium?

SMS Bulk digunakan untuk mengirimkan konten yang bersifat urgent dan rahasia, seperti salah satunya adalah kode OTP. Layanan SMS Bulk premium memiliki berbagai kelebihan dibanding SMS Bulk reguler, salah satunya adalah proses pengiriman yang lebih cepat.

SMS Bulk premium harus dipilih oleh perusahaan karena SMS Bulk reguler tidak dapat digunakan untuk pengiriman SMS OTP, dan akan ada sanksi yang berlaku dari operator bagi perusahaan yang melanggarnya. Selain itu, semua operator telekomunikasi yang bekerjasama dengan MitraComm (Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan Smartfren) akan menyediakan delivery report bagi Anda yang menggunakan layanan SMS Bulk premium.

SMS Masking

Untuk menggunakan layanan SMS Bulk, baik reguler atau premium, perusahaan dapat memanfaatkan layanan Masking. Apa itu Masking? Masking digunakan untuk layanan SMS Bulk, dimana identitas pengirim yang muncul di layar handphone penerima bisa disesuaikan sesuai dengan nama orang, perusahaan, organisasi, produk atau jasa dan lain sebagainya.

Ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi setiap perusahaan yang ingin menggunakan SMS Masking ini, yaitu NPWP, surat penunjukan, MoU, dan bukti pembayaran.

Untuk menggunakan layanan Masking ini, sebagian besar operator telekomunikasi tidak membebankan biaya tambahan. Namun tetap ada aturan dan kesepakatan yang berlaku antara pihak penyedia layanan SMS Bulk (dalam hal ini MitraComm) dan perusahaan.

Silahkan konsultasikan lebih lanjut kepada kami untuk informasi lebih detail mengenai layanan SMS Bulk reguler dan SMS Bulk premium, agar layanan yang digunakan tepat sesuai kebutuhan bisnis Anda. Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *