Blog

Prinsip Utama Keamanan Jaringan untuk Mengamankan Perangkat IoT Perusahaan

01 July 2022 Blog

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan perangkat cerdas atau yang lebih dikenal sebagai Internet of Things (IoT). Seperti yang kita ketahui, IoT adalah semua perangkat fisik yang terhubung ke jaringan internet maupun jaringan wireless untuk bisa bekerja secara fungsional. Teknologi ini telah mendorong kemajuan pesat di berbagai industri. Gartner menyebutkan, pada akhir tahun 2019 terdapat 4,8 miliar perangkat IoT yang tersebar di seluruh dunia. Adopsi IoT yang semakin meningkat membuat kita mulai terbiasa menggunakan perangkat cerdas yang terhubung dengan jaringan Internet.

Tren IoT Bukan Hadir Tanpa Resiko

Tren Internet of Things (IoT) merambah hampir di semua lingkup kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya perangkat-perangkat terkoneksi yang tersebar dan digunakan oleh banyak orang di Indonesia, tak terkecuali dalam manajemen perusahaan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan IoT untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, karena perusahaan dapat terbantu dari data pelanggan yang terkumpul oleh IoT. Sehingga dengan data dari pelanggan tersebut, perusahaan dapat memahami harapan dan perilaku pelanggan dengan baik.

Akan tetapi, tren IoT bukan hadir tanpa adanya risiko. Sejatinya setiap perangkat yang terkoneksi jaringan ini saling terhubung dengan menggunakan berbagai macam cara, mulai dari wiFi, bluetooth, NFC, dan lain sebagainya. Di balik itu, tersembunyi potensi ancaman terhadap keamanan data, keamanan fisik, keamanan dari perangkat, regulasi, privasi, enkripsi, otentikasi, dan segudang ancaman lainnya.

5 Prinsip Utama yang Harus di Miliki Sistem Keamanan Jaringan Perusahaan

Banyaknya ancaman serangan kejahatan mulai dari hacking, cracking, spoofing, carding dan lain sebagainya, membuat kebutuhan akan keamanan jaringan menjadi sangat penting. Terlebih di era digital ini penggunaan IoT berbasis jaringan internet pun dapat menjadi sasaran empuk serangan siber. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem keamanan pun turut di tingkatkan sebagai upaya menjaga keamanan jaringan.  Namun, setidaknya keamanan jaringan yang mumpuni harus memiliki 5 prinsip utama berikut ini:

  1. Broad

Prinsip utama keamanan jaringan yaitu harus dapat diterapkan dari mana saja, kapan saja dengan perangkat yang memungkinkan pengguna terhubung dengan jaringan/internet.

  1. Integrated

Integritas yang dimaksud adalah integritas data, dimana data yang ada dalam sebuah sistem informasi yang terhubung dalam jaringan hanya dapat di akses dan di ubah oleh pihak yang memiliki wewenang secara legal.

  1. Automated

Untuk menggunakan perangkat IoT secara aman dan efisien, perusahaan memerlukan network security yang otomatis menyediakan manajemen dan visibilitas terpusat, mendukung dan beroperasi di seluruh ekosistem solusi yang luas, dan secara otomatis beradaptasi dengan perubahan dinamis dalam jaringan.

  1. Intelligent

Maraknya serangan yang canggih dan terarah merupakan tantangan besar untuk mengamankan jaringan. Solusi keamanan jaringan yang tepat akan dapat menggunakan intelijen ancaman terkini untuk melindungi dari eksploitasi, kerentanan, dan serangan yang diketahui maupun yang sebelumnya tidak dikenal.

  1. Fast

Keamanan jaringan yang mumpuni akan dapat membantu Anda mencapai tujuan keamanan jaringan dengan cepat. Sehingga memungkinkan Anda untuk mencapai keamanan jaringan yang berfungsi penuh serta dapat meningkatkan produktivitas, pengalaman pelanggan yang memuaskan, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis.

Nah, itulah 5 prinsip utama yang perlu di miliki sistem keamanan jaringan. Penerapan solusi keamanan jaringan atau network security untuk melindungi perangkat cerdas IoT, merupakan kebutuhan mendasar yang wajib di dipenuhi perusahaan. Aplikas Servis Pesona sebagai perusahaan yang telah berpengalaman di bidang IT security, menawarkan solusi Network Security. ASP yang merupakan anak perusahaan Phintraco Group, siap membantu bisnis Anda bertahan dan berkembang di era digital ini.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai network security, silahkan kontak kami di marketing@phintraco.com. Tim kami akan membantu Anda menemukan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Referensi:

https://www.fortinet.com/blog/ciso-collective/5-key-principles-for-securing-smart-networks

 

Baca juga:

Kemampuan Next-Generation Firewall yang Perlu Perusahaan Ketahui

 

Related Article:

Fulfill The Need Of Network Security To Optimize Business Efficiency

Leave a Reply

Your email address will not be published.