Saat ini, perusahaan membutuhkan solusi teknologi yang mampu memberikan fleksibilitas dan ketangkasan, sehingga dapat membantu mereka cepat beradaptasi di situasi yang dinamis. Berdasarkan kebutuhan tersebut, banyak analis industri mengatakan bahwa penggunaan teknologi berbasis cloud akan berkembang karena dinilai mampu membantu perusahaan menjawab tantangan dan kebutuhan yang muncul di era yang penuh ketidakpastian seperti saat ini. Namun, walaupun teknologi berbasis cloud menjanjikan manfaat dan keuntungan yang cukup banyak,  penggunaan teknologi berbasis cloud juga membawa masalah yang perlu diperhatikan dari sisi keamanan.

Bagi perusahaan yang memiliki rencana beralih ke cloud computing, sudah saatnya untuk mencari informasi lebih lanjut tentang apa saja yang perlu disiapkan dari sisi keamanan. Artikel ini akan membahas secara detail tentang kemampuan apa saja yang harus dimiliki saat perusahaan berencana beralih ke cloud computing. Berikut penjelasannya:

#1 Solusi yang menawarkan skalabilitas tinggi:

Saat bisnis semakin berkembang, upaya pencegahan serangan siber juga harus berkembang. Jika perusahaan berencana beralih ke cloud computing, tim keamanan IT perlu menyiapkan solusi keamanan yang mampu melakukan scale up atau scale down ketika diperlukan untuk menyediakan proteksi menyeluruh pada lingkungan IT perusahaan.

#2 Keamanan yang terintegrasi:

Ketika berencana beralih ke cloud computing, Anda perlu menyiapkan keamanan yang terintegrasi. Artinya, perusahaan perlu mencari platform keamanan berbasis cloud-native yang menyediakan solusi manajemen postur keamanan cloud, proteksi cloud workload, dan keamanan container dalam satu solusi terpadu. Dengan satu solusi terpadu tersebut, perusahaan dapat memaksimalkan proteksi dengan minim supervisi dan tidak bergantung pada banyak tools yang membutuhkan banyak sumber daya untuk pengelolaannya.

#3 Otomatiskan pengawasan dan perlindungan sistem dari serangan siber selama 24 jam:

Untuk urusan keamanan cloud, menggunakan solusi keamanan yang sederhana merupakan suatu keharusan. Tim IT security memerlukan solusi keamanan yang membantu mereka bekerja secara lebih sederhana dengan hasil yang lebih maksimal dari solusi keamanan IT tradisional.

#4 Solusi yang komprehensif:

Saat berencana beralih ke cloud computing, tim keamanan IT perlu menyiapkan solusi keamanan yang dapat memonitor aktivitas seluruh lingkungan IT dan memberikan visibilitas lengkap terhadap postur keamanan perusahaan secara otomatis. Dengan memanfaatkan solusi dengan kemampuan otomatisasi yang canggih, tim keamanan IT dapat mempercepat waktu identifikasi serangan siber yang paling berbahaya dan menentukan serangan mana yang perlu segera ditindaklanjuti. Kemampuan tersebut bisa didapatkan dalam solusi keamanan yang didukung oleh Threat Intelligence, solusi keamanan IT yang membantu tim keamanan IT mengambil tindakan yang tepat dengan cara dan strategi yang lebih efektif.

Upaya perlindungan data, sistem, dan aplikasi yang tersimpan di cloud dapat dimulai dengan mencari solusi yang mampu memberikan visibilitas lengkap terhadap seluruh aktivitas yang terjadi dalam lingkungan IT perusahaan. Karena semakin banyak perusahaan yang berencana beralih ke cloud computing, maka informasi tentang hal yang perlu disiapkan dari sisi keamanan harus dicari tahu mulai dari sekarang. Dengan semakin canggihnya jenis serangan dan kemampuan penjahat siber yang menargetkan perusahaan, perusahaan perlu cepat beradaptasi dengan memanfaatkan solusi keamanan yang tepat.

Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT di Indonesia, menghadirkan solusi keamanan yang membantu tim keamanan IT memiliki visibilitas lengkap terhadap seluruh aktivitas di lingkungan IT perusahaan dan memonitor pergerakan potensi serangan siber secara terus menerus di lingkungan cloud.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang solusi Cloud Security yang tepat untuk perusahaan Anda, silakan hubungi tim kami di marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.crowdstrike.com/blog/five-cloud-security-must-haves/