Jenis serangan siber yang muncul di dunia maya semakin beragam. Untuk mencegah terjadinya serangan siber, perusahaan Anda tidak cukup hanya melakukan deteksi threat. Deteksi threat secara real-time dibutuhkan karena serangan siber dapat menyerang perusahaan Anda kapan saja dan di mana saja. Saat ini, untuk meningkatkan keamanan siber perusahaan, dapat menggunakan solusi Threat Intelligence. Apa itu Threat Intelligence? Mengapa penting untuk perusahaan menggunakan solusi Threat Intelligence untuk meningkatkan keamanan siber perusahaan Anda? Mari kita bahas lebih lengkap mengenai Threat Intelligence dan manfaat pentingnya solusi Threat Intelligence untuk perusahaan Anda.

Penjelasan Threat Intelligence

Threat Intelligence mengatasi serangan siber berdasarkan data yang dikumpulkan untuk dapat mengetahui motif, target serangan siber, dan perilaku dari penjahat siber. Pengambilan keputusan terkait keamanan siber akan jadi lebih cepat dengan menggunakan solusi Threat Intelligence karena memiliki informasi lengkap mengenai penjahat siber. Perusahaan dapat menggunakan data perilaku penjahat siber untuk memunculkan strategi untuk melawan penjahat siber.

Pentingnya Menggunakan Threat Intelligence

Serangan siber semakin berkembang menjadi tidak terlihat. Untuk mengatasinya, banyak perusahaan fokus pada kasus-kasus dasar untuk menghadapi serangan siber, seperti pada network, IPS, firewall, dan SIEM. Banyak perusahaan kurang mengetahui bahwa ada solusi Threat Intelligence yang secara signifikan dapat memperkuat keamanan siber perusahaan. Threat Intelligence mampu mengenali perilaku penjahat siber sehingga ciri-ciri threat pun dapat dikenali oleh perusahaan. Kemampuan ini sangat berguna serta membantu tim keamanan siber perusahaan Anda membuat keputusan lebih baik karena dapat mengungkap motif penjahat siber serta taktik, teknik, dan prosedur (TTPs) yang biasa digunakan penjahat siber. Tim keamanan siber pun akan bertindak sesuai dengan data yang tertera dan mampu mengurangi resiko dan menjadi lebih efisien karena keputusan yang diambil berdasarkan data akan mempercepat proses pengambilan keputusan.

Fitur Threat Intelligence

Setelah mengetahui apa itu Threat Intelligence dan mengapa Threat Intelligence penting untuk perusahaan Anda, selanjutnya adalah mengenal Threat Intelligence lebih dalam. Fitur-fitur Threat Intelligence lebih rinci adalah sebagai berikut:

  1. Menginvestigasi secara otomatis

Threat Intelligence mampu menginvestigasi threat secara otomatis. Perlindungan endpoint akan menjadi lebih terlindungi karena beberapa analisis seperti analisis sandbox malware, malware search, dan threat intelligence berada dalam satu solusi yaitu solusi Threat Intelligence.

  1. Memiliki Indicators of Compromise (IOCs)

Indicators of compromise (IOCs) memungkinkan perusahaan untuk memvisualisasikan hubungan antara IOC, penjahat siber, dan endpoint perusahaan. Pertahanan perusahaan akan semakin kuat karena dibuat dengan IOC melalui observed malware. Perusahaan Anda juga dapat mengatur pertahanan dengan solusi kemanan yang ada.

  1. Mendapatkan akses profil penajahat siber

Solusi Threat Intelligence memiliki profil penjahat siber dari berbagai negara dengan lebih dari 130 profil. Perusahaan Anda akan terhindar dari berbagai serangan siber karena solusi Threat Intelligence juga mampu mengidentifikasi penjahat siber yang fokus menyerang bisnis, wilayah, atau industri yang digeluti oleh perusahaan Anda. Solusi Threat Intelligence juga mampu mengenali tujuan dan memprediksi langkah yang diambil oleh penjahat siber. Perusahaan Anda akan mampu bertindak sebelum penjahat siber menyerang.

  1. Integrasi endpoint

Menggunakan solusi Threat Intelligence tidak memerlukan perangkat tambahan, sehingga perusahaan Anda akan menjadi lebih efisien dengan kinerja yang maksimal.

Setelah mengetahui apa itu Threat Intelligence dan manfaatnya untuk perusahaan Anda, saatnya gunakan Threat Intelligence untuk tingkatkan keamanan siber. Perusahaan Anda dapat berkonsultasi dengan Aplikas Servis Pesona untuk membahas implentasi solusi Threat Intelligence untuk perusahaan Anda. Aplikas Servis Pesona merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT Security. Berbagai solusi keamanan IT disediakan oleh Aplikas Servis Pesona, salah satunya adalah solusi Threat Intelligence.

 

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai solusi Threat Intelligence.

 

Referensi:

https://www.crowdstrike.com/cybersecurity-101/threat-intelligence/

https://www.crowdstrike.com/endpoint-security-products/falcon-x-threat-intelligence/

https://www.crowdstrike.com/blog/adam-meyers-podcast-on-importance-of-threat-intelligence-in-cybersecurity/

 

Artikel terkait: