Tren Transformasi Digital di Tahun 2021

/Tren Transformasi Digital di Tahun 2021

Tren Transformasi Digital di Tahun 2021

Dalam enam bulan terakhir, transformasi digital semakin banyak dilakukan perusahaan, bahkan berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Jika sebelumnya proses transformasi digital biasanya berlangsung dalam hitungan tahun, pandemi membuat proses transformasi digital berlangsung dalam rentang waktu yang cukup singkat, bahkan dengan hitungan bulan saja dan dengan skala yang lebih besar.

Menurut Forbes, Artificial Intelligence (AI) dan Data Analytics menjadi dua teknologi yang paling mendominasi tren transformasi digital perusahaan pada tahun 2020. Akankah dua teknologi tersebut masih mendominasi industri di tahun 2021? Atau akan muncul teknologi yang lebih baru? Mari simak beberapa prediksi tren transformasi digital pada tahun 2021 yang telah kami rangkum dari Forbes:

1. Tren transformasi digital di tahun 2021: Hybrid Cloud akan semakin banyak diminati

Selama beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan yang bertransisi menuju infrastruktur Hybrid Cloud. Mulai dari aplikasi SaaS dan solusi On-Prem, hingga gabungan antara public dan private cloud, strategi Hybrid Cloud membantu perusahaan mencapai tujuan kebutuhan infrastruktur cloud mereka.

Hybrid Cloud diprediksi akan menjadi salah satu tren transformasi digital yang semakin banyak diminati perusahaan dalam beberapa tahun kedepan, karena Hybrid Cloud dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja untuk mengatasi tantangan tak terduga dari berbagai aspek dengan adanya fleksibilitas yang ditawarkan dari model infrastruktur ini.

2. Tren transformasi digital di tahun 2021: Perusahaan akan semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan siber

Salah satu dampak negatif dari adanya pandemi bagi perusahaan adalah meningkatnya kasus serangan siber. Dilaporkan bahwa dalam rentang waktu 3 bulan saja, telah terjadi peningkatan kasus serangan siber sebanyak 238% dalam industri perbankan, dan kenaikan sebanyak 600%  kasus serangan pada layanan cloud.

Karena dampak tersebut, semakin banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya menjaga keamanan siber dan melakukan implementasi solusi keamanan siber besar-besaran di tahun 2021. Banyaknya karyawan yang bekerja dari jarak jauh juga menjadi alasan utama mengapa perusahaan mulai memperkuat keamanan jaringan dan strategi keamanan siber mereka dalam seluruh lingkungan perusahaan.

3. Tren transformasi digital di tahun 2021: Besarnya jumlah adopsi teknologi pendukung work from home

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawan bekerja di kantor, namun fleksibilitas kerja akan tetap dibutuhkan kedepannya. Untuk menjaga kinerja perusahaan dan produktivitas karyawan tetap terjaga apa pun kondisinya, perusahaan akan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi tantangan ini.

Di tahun 2021, diprediksi bahwa tren transformasi digital akan mengarah pada adopsi teknologi pendukung kerja jarak jauh seperti solusi video conference, virtual desktop, SD-WAN, dan solusi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

4. Tren transformasi digital di tahun 2021: AI tetap mendominasi tren transformasi digital

Di bagian awal artikel ini ada pertanyaan: Akankah AI dan Data Analytics tetap mendominasi tren transformasi digital di tahun 2021? Jawabannya adalah AI akan terus mendominasi tren transformasi digital di tahun 2021, dan juga di tahun-tahun berikutnya.

Pandemi Covid-19 memicu banyaknya penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam tren transformasi digital perusahaan, karena fungsi AI dapat membantu perusahaan mengatasi berbagai masalah bisnis dan cepat beradaptasi pada situasi tertentu. 

Selain untuk keperluan bisnis, perkembangan AI juga akan memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Namun, pemanfaatan AI yang pesat ini juga memerlukan pemantauan secara berkelanjutan dari pihak yang menggunakannya, untuk memastikan bahwa penggunaan AI hanya untuk tujuan yang positif.

Transformasi digital secara masif diharapkan dapat membantu perusahaan semakin berkembang dan mudah beradaptasi dalam segala situasi. Menanggapi situasi yang tidak menentu dan sulit untuk diprediksi seperti saat ini, perusahaan harus pintar memilih teknologi pendukung yang benar-benar dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Anda dapat konsultasikan segala kebutuhan solusi teknologi untuk perusahaan Anda dengan tim ahli kami. Silahkan hubungi marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.  

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/danielnewman/2020/09/21/top-10-digital-transformation-trends-for-2021/?sh=7b8960b2c6f4

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US