Kemajuan teknologi terus berkembang pesat seiring kemajuan zaman, terlebih saat ini, pandemi membuat teknologi semakin berkembang lebih pesat dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat terus memperbarui perkembangan teknologi agar turut berkembang dengan kemajuan teknologi yang ada. Dalam dunia contact center, khususnya di industri perbankan, biasanya dibutuhkan beberapa pertanyaan untuk membuktikan bahwa penelepon merupakan nasabah asli dari bank tersebut. Saat ini, ada teknologi yang tersedia untuk memudahkan proses pembuktian tersebut dapat berjalan lebih cepat dan lebih aman, yaitu solusi Voice biometrics. Apa itu Voice biometrics? Apa manfaat menggunakan Voice biometrics untuk meningkatkan layanan contact center? Berikut penjelasan voice biometrics dan manfaatnya untuk meningkatkan layanan contact center.

 

Apa itu Voice Biometrics dan bagaimana cara kerjanya?

Voice biometrics bekerja seperti yang biasa dilakukan oleh fingerprint pada saat melakukan absensi karyawan atau face recognition saat membuka layar handphone, voice biometrics menggunakan suara seseorang untuk mengidentifikasi identitas. Suara yang dimiliki seseorang memiliki keunikan sendiri dan memiliki tipe yang berbeda-beda, sehingga voice biometrics ini efektif sebagai bagian dari proses identifikasi identitas. Menggunakan voice biometrics akan membuat proses identifikasi identitas seseorang menjadi lebih cepat dan aman karena suara seseorang susah ditiru. Ketika nasabah menelepon agen contact center, biasanya akan ada serangkaian pertanyaan untuk memastikan identitas nasabah – umumnya menghabiskan waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan solusi voice biometrics, proses itu dapat dihilangkan karena identitas penelpon akan langsung teridentifikasi melalui suara. Proses identifikasi tersebut akan menjadi lebih cepat, karena pelanggan tidak banyak membuang waktu saat menghubungi contact center.

 

Manfaat Solusi Voice Biometrics untuk Tingkatkan Layanan Contact Center

  1. Mengurangi Waktu dan Biaya

Perusahaan yang memiliki contact center memiliki agen yang banyak agar dapat memenuhi panggilan dari pelanggan. Menggunakan voice biometrics dapat mengurangi waktu dan biaya karena agen contact center akan lebih cepat dalam melayani pelanggan. Proses identifikasi pelanggan menjadi lebih cepat dengan solusi voice biometrics dan akan mengurangi biaya yang diperlukan untuk menunjang kinerja agen, karena setiap agen contact center akan bekerja lebih cepat dan maksimal.

  1. Meningkatkan Customer Experience

Proses identifikasi pelanggan melewati langkah yang cukup rumit, sehingga pelanggan harus mengorbankan waktu mereka ketika ada keperluan menghubungi contact center. Solusi voice biometrics akan membuat proses identifikasi pelanggan menjadi lebih cepat dan proses menghubungi contact center pun menjadi lebih nyaman dan tingkat kepuasan pelanggan juga akan meningkat.

  1. Mencegah terjadinya fraud

Solusi voice biometrics memiliki database suara yang mendeteksi suara nasabah yang asli dan palsu. Sehingga, dengan memanfaatkan voice bimetric, perusahaan akan terhindar dari fraud. Solusi voice biometrics juga dapat mendeteksi jawaban yang diterima dari orang yang mengaku sebagai nasabah, sehingga contact center dapat mengetahui gaya bicara yang sebenarnya dan bisa terhindar dari penipuan.

 

Demikian penjelasan dan manfaat mengenai solusi voice biometrics untuk tingkatkan layanan contact center perusahaan, khususnya dalam industri perbankan. Perusahaan akan memiliki banyak kesempatan untuk berkembang karena aspek terpenting dalam suatu perusahaan, yaitu contact center, sudah menjalani operasional yang tepat dan memudahkan proses penyelesaian kebutuhan nasabah. Konsultasikan kepada Phintraco Technology jika perusahaan Anda ingin menggunakan solusi voice biometrics.

 

Segera hubungi tim kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi voice biometrics.

 

Referensi:

https://www.verint.com/engagement/our-offerings/solutions/security/fraud-and-identity-analytics/