Blog

Fundamental Vulnerability Management

27 July 2022 Blog

Serangan siber dapat menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa mengenal waktu. Perusahaan Anda harus siap siaga dalam menghadapi serangan siber. Penting bagi perusahaan mengetahui seberapa terpapar kah perusahaan oleh serangan siber untuk memastikan keamanan siber tidak memiliki kerentanan yang berbahaya dan dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat. Namun, cyber exposure atau paparan siber tidak akan efektif tanpa dasar-dasar dari vulnerability management. Sekedar informasi bahwa vulnerability management (VM) adalah proses mengidentifikasi dan mengklasifikasikan semua aset di seluruh permukaan serangan perusahaan, menilai kelemahan keamanan aset tersebut, memprioritaskan masalah keamanan untuk mitigasi, dan menerapkan langkah-langkah untuk memperbaiki kerentanan yang sesuai.

5 Fundamental Vulnerability Management

Vulnerability management membantu perusahaan menemukan, menilai, menganalisis, dan memperbaiki eksposur di seluruh permukaan serangan. Berikut adalah 5 dasar VM membantu perusahaan Anda mengurangi risiko siber.

1.      Discover

Sudah bukan hal umum bahwa IT environments merupakan hal cukup kompleks. IT environments IT yang biasa digunakan perusahaan bulai dari infrastruktur cloud atau on premise, perangkat seluler, aplikasi web, IoT, dan mash banyak lagi. Perusahaan Anda harus memulai dengan discover dan klasifikasi aset yang komprehensif berdasarkan dampak dan risiko bisnis. Seperti yan kita tahu, infrastruktur IT perusahaan pasti selalu berubah. Sehingga discover dan klasifikasi aset perlu dilakukan secara berkesinambungan.

2.      Asses

Setelah perusahaan Anda memiliki inventaris aset yang komprehensif, selanjutnya adalah nilai kerentanan pada aset. Hal ini untuk menunjukkan gambaran yang jelas tentang risiko serangan yang akan terjadi. Penilaian yang dilakukan harus seimbang antara depth, breadth and frequency of vulnerability untuk hasil yang maksimal dan tujuan penilaian tercapai. Tujuannya yaitu melihat sejauh mana kerentanan IT environments Anda dari serangan siber.

3.      Analyze

Penilaian vulnerability menunjukkan seberapa kritis kerentanan yang dapat dihadapi perusahaan. Lakukan analisis untuk mengetahui kerentanan dan aset apa yang paling mungkin dieksploitasi. Perusahaan Anda harus membuat skala prioritas berdasarkan dampak dan risiko bisnis untuk dapat memperketat kerentanan.

4.      Mitigate

Setelah 3 dasar tersebut di lakukan, Anda akan memperkuat vulnerability management. Manfaatkan teknologi machine learning sehingga Anda dapat menemukan pola data tersembunyi yang berkorelasi dengan aktivitas ancaman di masa mendatang. Hal ini akan membuat Anda selangkah lebih maju dari penjahat siber karena perusahaan Anda akan mengetahui wawasan tentang  yang mungkin memiliki kemungkinan tertinggi untuk eksploitasi dalam jangka pendek. Wawasan tersebut akan membuat Anda dapat menentukan prioritas eksposur mana yang harus dimitigasi terlebih dahulu, jika ada, dan kemudian menerapkan proses remediasi yang sesuai.

5.      Measure

Rekomendasi terakhit yang dapat di lakukan perusahaan adalah mengukur dan membandingkan paparan siber perusahaan untuk membuat keputusan bisnis dan teknologi yang lebih baik. Penyesuaian laporan di solusi vulnerability management akan memberi Anda data yang mudah dipahami tentang efektivitas VM dan metrik tolok ukur eksternal untuk membantu Anda membandingkan kinerja VM dengan bisnis serupa di industri Anda.

Melakukan 5 fundamental vulnerability management akan lebih mudah dengan menggunakan solusi vulnerability management. Aplikas Servis Pesona merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT security, menghadirkan solusi vulnerability management. Perusahaan Anda dapat bekerja sama dengan para ahli dari Aplikas Servis Pesona untuk menemukan aset mana yang memiliki kerentanan dan harus segera di lindungi agar terhindar dari serangan siber. Aplikas servis Pesona sudah lebih dari 20 tahun dalam menghadirkan IT security untuk perusahaan di berbagai sektor bisnis.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui vulnerability management.

 

Referensi:

https://www.tenable.com/blog/vulnerability-management-fundamentals-what-you-need-to-know

https://www.tenable.com/source/vulnerability-management

 

Baca Juga:

Vulnerability Management: Melindungi Modern IT Perusahaan Anda

 

Related Article:

4 Common Mistakes that Could Make Your Business Vulnerable to Cyber Attacks

Leave a Reply

Your email address will not be published.