Sistem informasi perusahaan sangat erat kaitannya dengan privileged access, yaitu akses istimewa yang dimiliki user tertentu untuk mengakses sistem informasi perusahaan. User yang memiliki akses istimewa tersebut dapat melakukan aktivitas apa pun dalam sistem perusahaan, yang artinya setiap aktivitas mereka perlu selalu diawasi untuk memastikan seluruh aktivitasnya sah dan tidak melakukan penyalahgunaan hak akses.

Privileged access dapat ditemukan di setiap perangkat jaringan, database, aplikasi, server on-premise, atau di cloud. User yang memiliki privileged access diibaratkan sebagai pemegang kunci perusahaan. Oleh sebab itu, pengelolaan dan pengawasannya perlu dilakukan dengan tepat. Karena jika sudah terjadi penyalahgunaan hak akses, ancaman keamanan siber tertinggi tersebut dapat menyebabkan kerugian bahkan kelumpuhan bisnis.

Saat ini, perusahaan dapat melakukan pengawasan serta pengelolaan yang tepat bagi privileged access untuk melindungi sistem informasi perusahaan, yaitu melakukan 5 cara berikut ini dengan solusi Privileged Access Management. Berikut adalah 5 cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan:

1. Mencegah pencurian kredensial yang berasal dari serangan eksternal

Solusi Privileged Access Management dapat membantu perusahaan melindungi semua kredensial akun istimewa (privileged account), serta memastikan kerahasiaan setiap identitas user baik manusia atau robot.

2. Mencegah aktivitas tertentu pada sistem

Solusi Privileged Access Management dapat membantu tim keamanan IT memblokir pergerakan aktivitas user yang awalnya berada pada sistem biasa ke sistem kritikal yang menyimpan data sensitif atau rahasia.

3. Mencegah eksalasi dan penyalahgunaan hak akses istimewa yang berasal dari pihak internal

Solusi Privileged Access Management juga melindungi perusahaan dari insider attacks atau serangan yang berasal dari pihak internal perusahaan atau orang dalam dengan cara memetakan akses yang tepat pada setiap user berdasarkan role dan keperluannya.

4.  Memenuhi kebutuhan audit dan compliance

Solusi Privileged Access Management membantu perusahaan menyederhanakan proses akuntabilitas setiap user dengan memantau dan merekam aktivitas akses istimewa, serta membuat jejak audit sebagai bagian dari pemenuhan persyaratan compliance.

5. Mengontrol akses pihak ketiga

Solusi Privileged Access Management memungkinkan perusahaan untuk menempatkan kontrol keamanan yang efektif untuk akses yang diperlukan oleh pihak ketiga dengan cara menyediakan akses istimewa hanya pada saat mereka membutuhkannya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sehingga, kontrol dan pengawasan dapat dilakukan secara maksimal dan pada waktu yang tepat.

Solusi Privileged Access Management membantu tim keamanan IT melindungi sistem informasi perusahaan dengan menyediakan 5 kemampuan yang telah kami jabarkan. Ada banyak manfaat dan fitur lainnya yang ditawarkan solusi Privileged Access Management untuk perusahaan, Anda dapat membaca informasi lebih lengkapnya di sini

Referensi:

https://www.cyberark.com/resources/infographics/top-privileged-access-management-use-cases