Di era digital seperti saat ini yang menyebabkan melonjaknya kasus serangan siber, bank dan perusahaan layanan finansial dipercaya untuk menjadi perantara di antara nasabah dan penjahat siber yang ingin mencuri data sensitif untuk mendapatkan keuntungan. Karena tingkat kebutuhan keamanan yang tinggi tersebut, institusi finansial wajib menyiapkan strategi tepat untuk melindungi sistemnya dari serangan.

Solusi tepat yang bisa digunakan oleh institusi finansial untuk melindungi sistem perusahaannya adalah Privileged Access Management (PAM). Solusi PAM memungkinkan seluruh proses autentikasi dan titik kontrol akses di lingkungan IT yang dilakukan oleh user dan privileged user dilakukan secara terpusat. Informasi lebih lanjut mengenai pentingnya solusi PAM untuk industri layanan finansial dapat dibaca di sini

Di artikel ini, kami akan fokus membahas apa saja manfaat solusi Privileged Access Management bagi institusi finansial. Diharapkan setelah membaca artikel ini, seluruh institusi finansial dapat segera menerapkan praktik terbaiknya terhadap kontrol akses istimewa di lingkungan IT secara menyeluruh, mengingat mereka memiliki kewajiban atas keamanan data nasabah. Berikut adalah manfaat solusi Privileged Access Management bagi institusi finansial:

  1. PAM memungkinkan institusi finansial menciptkan zona aman untuk mencegah serangan masuk ke dalam sistem informasi perusahaan

Dengan PAM, bank dapat menciptakan zona aman yang membatasi seberapa banyak akses yang dimiliki satu user di antara area atau sistem yang berbeda. Dengan membatasi akses user tersebut, jika penjahat siber berhasil masuk ke sistem perusahaan melalui kredensial yang dicuri, mereka hanya akan memiliki akses yang sangat terbatas dalam sistem tersebut.

  1. PAM membantu institusi finansial untuk mempercepat proses investigasi serangan yang berasal dari pihak internal

PAM juga membantu mempercepat proses investigasi dan remediasi serangan yang berasal dari “orang dalam”, karena solusi ini menyediakan kontrol akses secara menyeluruh, rekaman seluruh aktivitas akses user dalam sistem, dan audit untuk mencegah pelanggaran keamanan yang dilakukan oleh karyawan.

  1. Dan yang terpenting, PAM memastikan institusi finansial dapat melindungi aset terpenting mereka

Dalam banyak kasus serangan siber yang menargetkan perusahaan, kelemahan kontrol privileged access adalah penyebab utamanya. Oleh karena itu, user yang memiliki privileged access atau hak istimewa kini menjadi aset terpenting perusahaan yang perlu dilindungi.

Dengan banyaknya user, perangkat, dan aplikasi yang digunakan institusi finansial masa kini karena tuntutan keadaan yang mengharuskan mereka mengimplementasi layanan digital, banyak tim keamanan kewalahan untuk melindungi aktivitas seluruh akun dan akses istimewa di lingkungan IT perusahaan, baik di on-premise, cloud, DevOps. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa solusi Privileged Access Management menjadi solusi keamanan yang perlu diprioritaskan oleh institusi finansial.

Demikian adalah manfaat solusi Privileged Access Management bagi institusi finansial. Sesuai dengan nama dan fungsinya, sudah dipastikan bahwa solusi PAM ini membantu institusi finansial melindungi user yang memiliki akses istimewa secara komprehensif.

Referensi:

https://biztechmagazine.com/article/2018/01/why-banks-need-privileged-access-management-secure-their-systems

https://www.cyberark.com/resources/blog/5-reasons-to-prioritize-privileged-access-management-pam