Blog

Integrasi Lebih Ringkas Dengan Pemanfaatan Enterprise Service Bus

07 February 2022 Blog

Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Banyak perusahaan berusaha mengimplementasikan proses IT yang lebih ringkas (agile) terhadap semua sistem yang berjalan di internal mereka.  Menghadapi kondisi ini, Perusahaan Anda pun dituntut dapat “berlari” lebih cepat dibanding kompetitor agar selangkah lebih maju dengan time-to-market menjadi lebih cepat. Bagi perusahaan yang banyak mengembangkan aplikasi, saat ini Anda dapat lebih agile menggunakan Enterprise Service Bus. Apa itu enterprise service bus? Mari kita simak penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Enterprise Service Bus?

Enterprise Service Bus (ESB) adalah sebuah pendekatan software architecture. Solusi Enterprise Service Bus mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang ada melalui infrastruktur seperti “bus”. Konsep inti dari ESB ini adalah mampu mengintegrasikan aplikasi yang berbeda dan ditempatkan pada communication bus. Sehingga aplikasi-aplikasi ini mampu membagi informasi melalui “bus”.

Konsep ini hadir untuk menjadi alternatif dari adanya integrasi point-to-point, yang menjadi sulit diatur seiring waktu. Integrasi point-to-point seringkali menghasilkan kode integrasi khusus yang tersebar di antara aplikasi tanpa ada tempat untuk memantau atau memecahkan masalah tersebut. Hal ini sering disebut sebagai “spaghetti code” karena menciptakan ketergantungan antar aplikasi.

Kenapa Penting Menggunakan ESB?

Menghilangkan sistem point-to-point membuat perusahaan menjadi lebih agile ketika menggunakan ESB. Perusahaan juga dapat mengurangi time-to-market. ESB architecture menyediakan sistem “pluggable” yang sederhana dan scaleable. Selain itu, ESB juga menyediakan cara untuk memanfaatkan sistem yang ada dan memaparkannya ke aplikasi baru dengan menggunakan kemampuan komunikasi dan transformasinya.

Manfaat Menggunakan Enterprise Service Bus

Banyak manfaat lain yang akan perusahaan dapatkan jika menggunakan enterprise service bus. Berikut adalah manfaat menggunakan enterprise service bus:

  1. Memenuhi setiap kebutuhan bisnis

Solusi ini mampu memenuhi setiap kebutuhan bisnis karena dapat terintegrasi. Perusahaan bisa memperluas layanan yang sudah ada dengan API. Menggunakan ESB juga mampu membuat ulang platform SOA.

  1. Time-to-market yang lebih cepat

Menggunakan solusi ini dapat mempercepat time-to-market 3x lebih cepat karena terintegrasi dengan API, konektor, template, dan examples.

  1. Penerapan yang fleksibel

ESB dapat diterapkan di mana saja, baik on-premise, cloud, atau di hybrid environment.

  1. Membuat services and hosting

Platform yang dimiliki ESB sangat mudah digunakan. Sehingga perusahaan dapat membangun dan membuat host pada architecture yang di buat.

  1. Pengaturan layanan (service)

Solusi ini mampu mengembangkan integrasi yang fleksibel dengan cepat. Mengkoordinasikan layanan dan mengekspos aplikasi komposit untuk mendukung proses bisnis. Solusi ESB juga mampu memisahkan business logic dari protocols and message formats. Sehingga mengembangkan integrasi yang fleksibel dengan cepat.

  1. Pembuatan data analisis tanpa batas

Menggunakan solusi ESB memudahkan karyawan dalam menganalisis. Hal tersebut disebabkan oleh adanya fitur yang mampu membuat query dan memetakan struktur data yang kompleks dengan mudah. Kemudahan yang didapat jika menggunakan solusi ini adalah dapat mengubah data dari format apa pun di berbagai transport protocol dan tipe data. Solusi ini juga mampu memindahkan jutaan records antara aplikasi dan sumber data.

 

Perusahaan akan lebih agile jika menggunakan enterprise service business. Pastikan Anda memilih platform ESB yang tepat untuk perusahaan. Anda dapat konsultasikan implementasi solusi enterprise service business dengan PhinCon, anak perusahaan Phintraco Group. PhinCon merupakan perusahaan IT consultancy yang menyediakan salah satu solusinya yaitu enterprise service business.

 

Informasi lebih lengkap tentang solusi enterprise service business dapat Anda ketahui lebih lanjut dengan  menghubungi kami di marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://www.mulesoft.com/platform/soa/mule-esb-open-source-esb

https://www.mulesoft.com/resources/esb/what-esb

 

Artikel terkait:

Amati Kinerja Serverless Architecture Dengan Solusi Cloud Monitoring

Leave a Reply

Your email address will not be published.