Manfaat Microservices untuk Mengembangkan Inovasi di Era Digital

/Manfaat Microservices untuk Mengembangkan Inovasi di Era Digital

Manfaat Microservices untuk Mengembangkan Inovasi di Era Digital

Transformasi digital terbukti menghasilkan banyak manfaat bagi pertumbuhan suatu perusahaan. Di era digital saat ini, banyak perusahaan yang menciptakan inovasi bisnis dan ingin mewujudkannya melalui aplikasi. Untuk dapat mewujudkannya, perusahaan membutuhkan solusi yang dapat membuat tim mereka menjadi lebih agile dan fokus bekerja sama untuk menciptakan inovasi dan memberikan customer value. Kebutuhan inilah yang menjadikan Microservices sebagai fast go-to solution bagi perusahaan, dan memanfaatkan Service Oriented Architecture (SOA) selangkah lebih maju dengan membagi setiap komponen menjadi aplikasi single-purpose yang efektif. Di artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai Microservices dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan untuk mengembangkan inovasi di era digital.

Apa itu Microservices?

Microservices merupakan suatu strategi untuk membagi suatu project besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola sesuai dengan fungsinya. Jika aplikasi monolitik adalah suatu program besar dengan banyak fungsi, maka Microservices terdiri dari beberapa program kecil, yang masing-masing memiliki satu fungsi.

Setiap komponen dapat dikembangkan dan diterapkan secara independen sebagai layanan modular kecil. Setiap layanan beroperasi sebagai proses unik dan berkomunikasi dengan komponen lain melalui lightweight methods seperti HTTP/Rest with Json. Dengan begitu, Microservices membantu perusahaan menciptakan layanan yang lebih baik, dan merespons kebutuhan bisnis lebih cepat. Setelah mengetahui apa itu Microservices, selanjutnya mari kita telusuri apa saja manfaat Microservices bagi perusahaan.

Manfaat Microservices bagi perusahaan

  • Mengadopsi pola arsitektur modern dengan cara yang lebih mudah

Saat ini, integrasi telah berkembang dari yang awalnya menghubungkan aplikasi monolitik melalui ESB, menjadi pervasive, yaitu menghubungkan aplikasi modern melalui API, fungsi, dan event-driven patterns. Dengan adanya evolusi ini, PhinCon memberikan solusi Microservices yang mendukung kebutuhan ESB, sekaligus memudahkan developer untuk mengadopsi arsitektur aplikasi modern.

  • Opsi deployment Web-Scale, Multi-Cloud

Mengubah aplikasi monolitik menjadi Microservices dan melakukan deployment melalui container ke cloud, on-premises, atau infrastruktur hybrid memberikan peluang baru bagi perusahaan untuk mencapai fleksibilitas, kelincahan, dan mengurangi biaya operasional. Microservices juga membantu perusahaan memanfaatkan platform function-as-a-service, memungkinkan developer memanfaatkan web-scale computing dengan biaya yang sangat efisien.

  • Mendukung penggunaan IoT dan Edge Computing

Microservices mendukung penggunaan IoT yang inovatif dan mengurangi biaya operasional dengan menjalankan aplikasi lebih dekat ke tempat data dihasilkan. Logika Microservices dapat beroperasi di perangkat edge-computing terkecil, memproses data secara real-time, menghemat penggunaan bandwidth dan sumber daya komputasi terpusat.

  • Fleksibilitas

PhinCon berkomitmen untuk menyediakan solusi yang mendukung perusahaan dalam segala situasi, untuk perusahaan yang sudah mencapai titik integrasi pervasive ataupun yang masih dalam proses perjalanan transformasi digital. Dari integrasi tradisional, hingga Microservices yang lebih modern dan event-driven architecture, perusahaan dapat memanfaatkan kemampuan solusi Microservices ini dengan maksimal, strategi deployment yang fleksibel, serta serangkaian teknologi yang telah terbukti kualitasnya dan dipercaya oleh ribuan pelanggan di seluruh dunia.

Singkatnya, manfaat Microservices memberi perusahaan banyak keuntungan seperti aplikasi yang lebih scalable, aman, andal, proses maintenance yang lebih mudah, dan dapat menciptakan lebih banyak layanan ketika ada suatu kebutuhan, tanpa mempengaruhi kinerja layanan yang sudah ada. Dengan beberapa manfaat tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan Microservices sebagai solusi untuk mengembangkan inovasi bisnis di era digital.

Hubungi marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai manfaat Microservices bagi perusahaan.

 

Baca artikel selanjutnya:

Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Solusi CRM

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US