Blog

IPS (Intrusion Prevention System) Menyederhanakan Tim IT Perusahaan Mengelola Keamanan Jaringan

21 September 2022 Admin Marketing Blog

Saat ini, perkembangan teknologi informasi semakin pesat khususnya dalam bidang jaringan. Jaringan internet ini bukanlah sesuatu hal yang baru karena jaringan internet ini dapat kita jumpai di setiap tempat seperti di kantor, sekolah, restoran, hotel, universitas dan lain sebagainya. Dalam jaringan internet, keamanan jaringan komputer sangatlah penting. Keamanan jaringan menjadi penting khususnya bagi tim IT perusahaan atau organisasi agar dapat mencegah dan menjaga integritas dan validitas data. Selain itu, agar keamanan jaringan dapat menjamin keamanan layanan bagi penggunanya. Untuk menyederhanakan tim IT dalam mengelola keamanan jaringan agar tetap terjaga dan tidak terganggu atau bahkan mengalami kerusakan oleh virus maupun serangan. Maka diperlukan sistem keamanan jaringan yang tepat agar dapat mencegah dan menanggulangi serangan tersebut.

Sekilas Mengenai IPS (Intrusion Prevention System)

Menurut survei, lebih dari dua pertiga tim IT merasa kesulitan dalam mengelola keamanan perusahaan. Apalagi terjadinya percepatan transformasi digital dan peningkatan tren bekerja dari jarak jauh seperti saat ini menjadi tantangan baru dalam dunia bisnis. Terdapat dua tantangan utama yang dihadapi yaitu keamanan dan kompleksitas. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi kompleksitas tersebut adalah dengan melakukan konsolidasi vendor. IPS (Intrusion Prevention System) hadir sebagai solusi bagi perusahaan untuk mengelola tantangan keamanan pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. IPS berguna untuk mendeteksi dan mencegah serangan yang mungkin terjadi pada jaringan. IPS (Intrusion Prevention System) adalah perangkat lunak yang berkerja untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dan melakukan pencegahan terhadap intrusi jaringan.

Bagaimana IPS Menyederhanakan dan Meningkatkan Tim IT Mengelola Keamanan Jaringan Anda

Untuk mengatasi tantangan keamanan saat ini dan di masa yang akan datang, IPS memungkinkan integrasi dengan infrastruktur keamanan perusahaan Anda secara menyeluruh. Sehingga bisa memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan lebih sederhana. Selain itu, IPS dapat menyatukan visibilitas, memungkinkan otomasi, dan memperkuat keamanan di seluruh jaringan. Dengan kemampuan IPS, tim IT perusahaan Anda akan dapat dengan mudah dalam mengelola keamanan jaringan.

  1. Sistem Keamanan Public Cloud yang Lengkap

IPS menjadi solusi untuk membantu tim IT perusahaan Anda dalam memiliki keamanan yang lengkap pada public cloud yang digunakan untuk menyimpan data ataupun pengoperasian aplikasi.

  1. Lingkungan Virtual yang Aman

Perangkat keamanan fisik bisanya tidak dirancang untuk mengatasi data yang berada di cloud. Ini sebabnya mengapa perangkat keamanan virtual pada IPS dibutuhkan untuk mengamankan traffic yang mengalir dari mesin virtual ke mesin virtual. IPS memungkinkan tim IT perusahaan Anda untuk mengerahkan kontrol keamanan yang baik terhadap data yang dimiliki di cloud.

  1. Menyederhanakan Alur Kerja

IPS dapat menyederhanakan proses monitoring dengan cara mengirimkan informasi secara otomatis setiap kali sistem mengalami serangan dari pihak luar.

  1. Sistem Keamanan yang Terintegrasi

IPS  terintegrasi dengan banyak solusi pihak ketiga untuk memperluas visibilitas, sehingga tim IT perusahaan Anda dapat memperoleh notifikasi ketika terjadi serangan kapan pun dan di mana pun.

Nah itulah penjelasan bagaimana IPS dapat menyederhanakan dan meningkatkan tim IT perusahaan Anda dalam mengelola keamanan jaringan. Aplikas Servis Pesona anak perusahaan dari Pintraco Group dapat membantu perusahaan Anda dalam mengimplementasikan solusi keamanan jaringan. Dan sistem yang terintegrasi dengan keamanan jaringan yang diperlukan dalam misi kritis jaringan perusahaan. Solusi yang dapat ditawarkan Aplikas Servis Pesona sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT security untuk keamanan jaringan adalah IPS (Intrusion Prevention System). IPS merupakan pendekatan strategis terhadap kecerdasan keamanan yang menggunakan jaringan dalam mengidentifikasi, mencegah, dan mengurangi ancaman dari sumber internal dan eksternal perusahaan. Tujuan utama dari solusi iPS adalah menyederhanakan lingkungan keamanan dari visibilitas tinggi.

 

Hubungi kami melalui marketing@phintraco.com untuk informasi lebih detail mengenai IPS (Intrusion Prevention System).

 

Referensi:

https://www.trellix.com/en-us/assets/docs/data-sheets/trellix-virtual-intrusion-prevention-system-data-sheet.pdf

 

Baca juga:

Prinsip Utama Keamanan Jaringan untuk Mengamankan Perangkat IoT Perusahaan

 

Related article:

Fulfill The Need of Network Security to Optimize Business Efficiency

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *