Perlukah Perusahaan Menerapkan Virtual Desktop Infrastructure?

/Perlukah Perusahaan Menerapkan Virtual Desktop Infrastructure?

Perlukah Perusahaan Menerapkan Virtual Desktop Infrastructure?

Secara umum, Virtual Desktop Infrastructure (VDI) diartikan sebagai teknologi yang menjadikan seluruh data yang ada pada suatu desktop – seperti berbagai file, folder, tool, widget, aplikasi – disimpan dalam suatu server, bukan di perangkat pengguna. VDI memiliki software yang disebut sebagai hypervisor untuk memisahkan sistem operasi desktop, aplikasi, dan data pengguna yang masih berada di perangkat hardware, lalu memindahkan dan menyimpan seluruh data tersebut di server jarak jauh.

Dengan menggunakan VDI, pengguna dapat mengakses desktop dan seluruh data yang tersimpan kapan pun – tidak terbatas oleh lokasi, waktu, dan perangkat tertentu. Pengguna hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Dengan memahami pengertian dan fungsi dari Virtual Desktop Infrastructure, tentunya kita belum dapat menyimpulkan dengan tegas apakah perusahaan perlu menerapkan Virtual Desktop Infrastructure. Agar dapat menyimpulkan seberapa perlu perusahaan menerapkan Virtual Desktop Infrastructure, mari kita ketahui beberapa manfaat menggunakan solusi ini bagi perusahaan.

1. Meningkatkan efisiensi biaya

Manfaat pertama yang akan didapatkan perusahaan ketika menerapkan Virtual Desktop Infrastructure adalah meningkatnya efisiensi biaya. Disini sangat jelas bahwa menerapkan Virtual Desktop Infrastructure dapat membantu perusahaan mengurangi biaya yang diperlukan untuk pembelian hardware yang mahal dan cenderung memiliki masa pakai.

2. Menyederhanakan pengelolaan IT dalam perusahaan

Dengan menggunakan VDI, seluruh pengelolaan IT dapat dilakukan dalam satu sistem yang terpusat. Contohnya, ketika versi terbaru aplikasi sudah tersedia, administrator IT dapat memperbarui aplikasi seluruh perangkat yang digunakan karyawan dalam satu waktu. Dan jika terjadi suatu masalah pada sistem, administrator dapat segera mengetahui dan memperbaiki penyebab masalah sebelum masalah tersebut tiba di perangkat end user, sehingga perusahaan dapat meminimalisasi berkurangnya produktivitas karyawan yang disebabkan oleh masalah pada sistem.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Menerapkan Virtual Desktop Infrastructure dapat membantu bisnis semakin gesit, terutama ketika perusahaan bertransisi menuju remote working. Perusahaan dapat memberi kebebasan kepada setiap karyawan untuk memilih perangkat apa pun untuk mengerjakan pekerjaan, selama mereka memiliki akses internet. Baik menggunakan ponsel, laptop, tablet, atau perangkat lainnya, experience yang didapatkan akan tetap sama.

4. Melindungi perusahaan dari kerugian yang diakibatkan oleh faktor internal dan eksternal

Dengan menerapkan Virtual Desktop Infrastructure, itu artinya seluruh data akan tersimpan di server bukan di perangkat pribadi karyawan. Jadi, menerapkan solusi ini dapat melindungi perusahaan dari kerugian yang diakibatkan oleh faktor kelalaian pihak internal dan juga eksternal. Seluruh data penting perusahaan dapat terlindungi dari kejadian yang tidak terduga seperti jika perangkat karyawan hilang atau dicuri, dan ketika terjadi masalah pada perangkat karyawan.

Jika melihat tren dalam dunia bisnis saat ini yang banyak dipengaruhi oleh situasi pandemi, 4 manfaat menerapkan Virtual Desktop Infrastructure tersebut sangat memberi banyak keuntungan bagi perusahaan yang kini tengah mencoba beradaptasi dan berakselerasi di realita dunia bisnis yang baru. Jadi, Virtual Desktop Infrastructure adalah salah satu teknologi yang perlu dijadikan prioritas perusahaan saat merencanakan strategi investasi teknologi informasi.

Jika ingin membaca informasi lebih lanjut mengenai peran Virtual Desktop Infrastructure dalam memastikan kelancaran operasional bisnis di segala situasi, Anda dapat klik link artikel berikut ini: Memastikan Kelancaran Operasional Bisnis di Segala Situasi dengan Virtual Desktop Infrastructure 

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

Referensi:

https://www.techfunnel.com/information-technology/vdi-benefits/

https://searchvirtualdesktop.techtarget.com/feature/6-ways-VDI-can-benefit-your-business

https://www.vmware.com/topics/glossary/content/virtual-desktop-infrastructure-vdi

 

Click on this link to read the English version:

https://phintraco-tech.com/2021/04/22/implement-virtual-desktop-infrastructure/

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US