Di tengah kemajuan teknologi dan maraknya platform untuk berkomunikasi, email menjadi salah satu platform komunikasi yang masih dipakai hingga sekarang. Email banyak digunakan untuk promosi ataupun komunikasi internal perusahaan. Berdasarkan data dari Fortinet, ada 4.1 miliar pengguna email di seluruh dunia mengirim sekitar 320 miliar email setiap harinya. Perkembangan teknologi juga berpengaruh pada jenis dan metode serangan siber yang semakin canggih, salah satunya adalah melalui email. Berdasarkan data dari Verizon Data Breach Investigations Report tahun 2021 menjelaskan bahwa terjadi lonjakan serangan email phishing sebanyak 36% dibanding tahun sebelumnya. Maka dari itu, setiap perusahaan perlu meningkatkan keamanan sibernya dengan memastikan tidak ada celah bagi penjahat siber untuk menyerang melalui email. Saat ini, email dapat diproteksi dengan menggunakan solusi Secure Email Gateway. Berikut penjelasan singkat mengenai Secure Email Gateway.

Penjelasan Secure Email Gateway

Secure Email Gateway adalah sebuah solusi IT yang berperan untuk melindungi email dari konten yang berbahaya dan mencegahnya sampai masuk ke email penerima. Secara singkat, Secure Email Gateway akan mengkategorikan email berbahaya yang terdeteksi ke tempat khusus untuk dipastikan bahwa seluruh konten berbahaya yang ada di email tersebut tidak sampai ke email penerima dan mencegah email sejenis di kemudian hari. Selain itu, Secure Email Gateway juga mampu memproteksi network dan server agar tidak gampang disusupi oleh penjahat siber. Penjahat siber biasanya memanipulasi email dalam bentuk body email, lampiran, dan alamat email melalui network dan server sebelum email tersebut sampai kepada penerima. Maka dari itu, Secure Email Gateway sangat penting diterapkan untuk mengurangi jumlah peretasan user email, host email, dan data perusahaan yang sensitif secara signifikan.

Fitur dan Manfaat Solusi Secure Email Gateway

  1. Filter Spam

Secure Email Gateway memiliki fitur filter spam yang berfungsi untuk mendeteksi dan mencegah email berbahaya masuk ke kotak masuk dan menyimpannya sebagai junk email secara otomatis. Sehingga, email yang terdeteksi berbahaya tidak akan terbaca oleh pengguna email. Solusi Secure Email Gateway dapat mendeteksi spam hingga 99.7%.

  1. Email Encryption

Secure Email Gateway memiliki fitur email encryption, fitur ini dapat menyamarkan email perusahaan dengan mengubahnya menjadi suatu coding yang tidak dapat dibaca oleh peretas. Hal ini membuat email perusahaan akan sulit diretas karna email sudah dilindungi dan dimonitor secara terpusat.

  1. Antivirus

Secure Email Gateway dilengkapi dengan perlindungan antivirus yang dapat menyaring email serta lampiran dari virus dan memberikan peringatan kepada pengguna jika terdeteksi sesuatu yang mencurigakan. Jika suatu virus terdeteksi di dalam suatu email dan lampirannya, lampiran tersebut tidak akan bisa terunduh dan akan terkunci di email pengguna.

 

Secure Email Gateway sebagai Solusi Efektif untuk Menghindari Serangan Siber melalui Email

Secure Email Gateway meningkatkan keamanan email dengan berperan sebagai dinding pembatas antara pihak luar dan sebuah akun email. Dinding tersebut akan melindungi komunikasi dua arah menggunakan MTA (message transfer agent) atau sebuah aplikasi programming untuk memindai email dan menerapkan keamanan email. Dinding atau Secure Email Gateway tersebut akan memeriksa email untuk spam, malware, dan elemen lain yang ditentukan oleh perusahaan. Solusi Secure Email Gateway dapat melindungi email dari ancaman penjahat siber seperti phishing, spam, dan berbagai jenis malware dengan memindai isi dari suatu email. Selain itu, solusi ini juga dapat mendeteksi upaya pencurian data dari sistem perusahaan dan menerapkan enkripsi untuk mencegah akun email diakses oleh penjahat siber.

Segera hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang solusi Secure Email Gateway.

 

Referensi:

https://www.fortinet.com/products/email-security

https://www.fortinet.com/resources/cyberglossary/email-security

https://www.fortinet.com/blog/industry-trends/commemorating-50-years-of-email-and-how-to-keep-your-email-secure

 

Artikel terkait: