Blog

Teknologi Berbasis AI yang Dapat Diterapkan untuk Bisnis

13 May 2022 Admin Marketing Blog

Manusia seolah semakin bergantung dengan teknologi serba digital. Sadarkah Anda jika ada peran dari AI dibalik teknologi yang memudahkan kita melakukan segala aktivitas. Hampir semua peralatan modern sudah mengaplikasikan teknologi AI, termasuk dalam urusan bisnis perusahaan. Teknologi AI adalah salah satu wujud kemajuan teknologi yang mempermudah berbagai pekerjaan. Baik pekerja ataupun pemimpin perusahaan kini tidak lagi menganggap AI ancaman atas posisi mereka. Sebagai gantinya, mereka percaya bisa memanfaatkan teknologi AI ini untuk bekerja lebih efisien dan produktif untuk perusahaan yang mereka kelola.

Pentingnya Penerapan Teknologi AI untuk Perusahaan

Teknologi AI atau dikenal juga dengan artificial intelligence menjadi salah satu sistem penolong yang memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi AI ini, pekerjaan yang bersifat kompleks bisa diselesaikan dalam waktu singkat dan hasil yang akurat. Dalam dunia bisnis saat ini sudah dilakukan secara online dan pastinya dengan bantuan teknologi. Tentunya, teknologi  AI inilah menjadi dasar utama mengapa bisnis perusahaan maju tetap berjalan dan berkembang hingga seperti sekarang ini. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menerapkan teknologi AI yang akan sangat menguntungkan ini.

6 Solusi Teknologi Berbasis AI yang dapat Memecahkan Masalah Perusahaan serta Otomatisasi Proses Bisnis.

Semua sektor industri apa pun dapat memanfaatkan teknologi berbasis AI. Jika Anda tertarik untuk mengimplementasikan juga pada perusahaan Anda, berikut ini 6 solusi teknologi berbasis AI yang bisa jadi pertimbangan dalam otomatisasi proses bisnis perusahaan Anda.

  1. Face Recognition

Salah satu solusi teknologi berbasis AI ialah face recognition, teknologi yang digunakan untuk mengenali wajah manusia secara digital. Sebuah sistem facial recognition bekerja dengan cara memetakan, menganalisa, lalu mengkonfirmasi wajah seseorang baik melalui foto atau video. Teknologi face recognition saat ini banyak digunakan bisnis seperti perhotelan yang menggunakan teknologi tersebut akan mempercepat proses check-in dan check-out mereka dan secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan. Face recognition juga banyak diterapkan di dunia perbankan untuk fitur login mobile banking.

  1. People Counting

People counting adalah penghitung orang inframerah paling canggih, akurat, dan andal. Banyak bisnis mengambil keuntungan dari banyak manfaat yang diberikan sistem ini. Para pelaku bisnis seperti mall menggunakan solusi ini untuk menentukan rasio penjualan terhadap pelanggan dalam puncak waktu lalu lintas pelanggan dari perspektif per jam, harian, mingguan, bulanan. Bahkan, beberapa bisnis menggunakan sistem ini untuk melacak jam sibuk mereka untuk tujuan operasional.

  1. People Dwelling

People dwelling dapat memonitor perhitungan efektivitas pengunjung dan kinerja bisnis untuk mengetahui seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di suatu zona tertentu. Analytics dari sousi ini dapat dijadikan insight bagi pengembang kawasan bisnis pariwisata untuk mengetahui fasilitas atau spot favorit pengunjung.

  1. People Trajectory

People trajectory adalah solusi teknologi AI yang dapat memantau mobilitas manusia dari balik layar. Pemantauan akan dilakukan melalui IP Public CCTV dan datanya akan diolah secara otomatis. Teknologi people trajectory saat ini sangat berguna bagi banyak indusri seperti kementrian kesehatan dan pemerintahan dalam memonitoring physical distancing demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sementara masih berlangsung.

  1. Crowd Estimation

Crowd estimating adalah sistem yang digunakan untuk menghitung jumlah orang dalam kerumunan secara real-time. Memahami lalu lintas pejalan kaki sangat penting dalam bisnis ritel untuk mengatur barang dagangan di lorong, dan mengoptimalkan tata letak toko.

  1. Crowd Anomaly Behavior

Crowd anomaly behavior bekerja dengan menganalisis adegan pengawasan secara real-time menggunakan berbagai konsep dan teknik seperti teknologi AI untuk mengidentifikasi anomali di kerumunan orang. Semakin banyak situasi atau tempat memerlukan pengawasan seperti di dalam maupun diluar gedung perkantoran yang juga diperlukan untuk mendeteksi anomali sehingga dapat mencegah hal tidak terduga. Jika ditemukan anomali, otoritas terkait dapat segera menyiagakan.

Semua solusi teknologi berbasis AI ini dapat Anda manfaatkan untuk perusahaan Anda , PhinCon atau Phintraco Consulting yang merupakan anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT consultancy bisa menyesuaikan implementasi solusi ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kirimkan email ke marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang solusi teknologi berbasis AI yang bisa jadi pertimbangan perusahaan Anda dalam upaya otomatisasi proses bisnis.

 

Referensi

https://www.nodeflux.io/solutioncollection

 

Baca juga:

Manfaat Robotic Process Automation untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *