Aktivitas masyarakat saat ini cenderung padat dengan pergerakan yang serba cepat. Oleh karena itu, perusahaan memiliki tuntutan baru dalam hal pelayanan. Perusahaan harus mampu memberikan layanan yang cepat, khususnya dalam bagian contact center yang berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Namun, pertanyaan verifikasi identitas yang diajukan oleh agen contact center membuat pelanggan tidak nyaman dan harus berpikir berulang kali untuk kembali berinteraksi dengan agen contact center dikemudian hari.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Forbes, korban pencurian identitas terjadi sebanyak 19 orang permenit. Pencurian identitas dapat menyerang siapapun dan dapat terjadi dimanapun seperti pencurian identitas akun bank. Kondisi tersebut membuat perusahaan perlu menerapkan serangkaian proses identifikasi untuk memastikan keaslian identitas dari seorang pelanggan.

Jika disimpulkan, ada dua kebutuhan utama yang perlu dipenuhi oleh suatu perusahaan. Yaitu memberikan layanan yang cepat selagi tetap menjamin keamanan identitas nasabah. Melihat kebutuhan tersebut, maka saat ini adalah saatnya perusahaan menggunakan solusi Voice Biometrics untuk contact center perusahaan.

 

Solusi Voice Biometrics Dapat Mendeteksi Panggilan Penipuan

Voice biometrics merupakan teknologi yang menggunakan suara untuk memverifikasi data. Suara mempunyai pola yang unik dan berbeda-beda disetiap orang. Ketika seorang pelanggan melakukan panggilan ke contact center, agen contact center tidak perlu lagi melakukan verifikasi identitas karena proses verifikasi akan dimulai saat pelanggan mengeluarkan suaranya dan secara langgsung akan terverifikasi kebenaran identitasnya. Tentunya, semua diawali dengan proses perekaman suara pelanggan saat pelanggan membuat akun di perusahaan Anda. Data pribadi pelanggan akan aman karna hanya digunakan untuk syarat administrasi. Solusi voice biometrics dapat mendeteksi suara yang dianggap sebagai “penipuan”, karena memiliki database yang terdeteksi sebagai suara palsu. Dengan begitu, perusahaan akan terhindar dari penipuan dan pelanggan tidak perlu mengucapkan identitas pribadinya.

 

Deteksi Penipuan Meningkat, Pelayanan Pelanggan juga Meningkat Menggunakan Solusi Voice Biometrics

Banyak keuntungan yang didapat jika perusahaan menggunakan solusi Voice Biometrics. Proses verifikasi yang lebih cepat sehingga agen contact center tidak banyak membuang waktu dan akan fokus pada pekerjaannya melayani pelanggan. Pelanggan pun akan merasa nyaman karna proses identifikasi tidak memerlukan waktu lama. Menggunakan solusi voice biometrics membuat data pelanggan aman karena pelanggan tidak mengucapkan identitas pribadi ketika sedang menelepon. Secara keseluruhan, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan, karena kebutuhan pelanggan terpenuhi.

 

Saat ini, perusahaan harus lebih peduli terhadap keamanan data pelanggan karena penjahat siber terus meningkatkan kemampuannya. Menggunakan solusi voice biometrics dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga keamanan data pelanggan dan menghindari penipuan.

Segera hubungi tim kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi voice biometrics.

 

Referensi:

https://contact-centres.com/game-authentication-fraud-detection/

https://www.globalbankingandfinance.com/voice-recognitionthe-new-normalfor-the-insurance-industry/

 

Artikel terkait: