Blog

Tips Memilih ESB Platform

09 February 2022 Blog

Perusahaan sangat berhati-hati ketika menentukan strategi yang dapat memajukan bisnisnya. Penentuan strategi bergantung pada hasil yang ingin di capai. Perusahaan yang memiliki banyak aplikasi, dapat menggunakan enterprise service bus yang dapat memudahkan integrasi antar aplikasi-aplikasi yang dikembangkan. Enterprise service bus atau ESB juga mampu membuat perusahaan menjadi lebih agile karena membuat integrasi antar aplikasi menjadi lebih ringkas.

Tips Memilih ESB Platform

Terdapat berbagai platform ESB yang dapat perusahaan gunakan. Bagaimana memilih ESB platform yang tepat? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat pilihan ESB.

  1. Beban yang ringan

Pastikan platform ESB yang Anda pilih memiliki beban yang ringan. Platform yang ringan mampu menghapus modul yang tidak diinginkan. Keringanan dari platform yang ada juga mempengaruhi biaya untuk membuat perubahan pada integrasi yang ada serta jumlah pekerjaan berat yang perlu Anda lakukan untuk membuat perubahan.

  1. Kemampuan multifungsi

Sebagian besar penyedia hanya menganggap ESB sebagai alat untuk mengintegrasikan dan menjadi alat yang terpisah pada hosting business logic dan publishing services. Platform ESB harus memiliki kemampuan multifungsi yang mampu menyediakan hal lain seperti menyediakan wadah layanan yang ringan dan scaleable untuk menerbitkan layanan REST dan SOAP.

  1. Dapat diakses siapapun

Pastikan platform ESB yang Anda pilih dapat digunakan oleh pengembang mana pun. Hal tersebut membuktikan bahwa kredibilitasnya tidak diragukan dan dapat menggunakan berbagai macam model konfigurasi.

  1. Scaleable

Investasi pada solusi teknologi sangat diperhitungkan dengan hati-hati. Karena modal investasi yang dikeluarkan tidak sedikit. Sehingga pastikan platform ESB yang akan Anda pilih scaleable atau bisa diterapkan dimanapun. Platform seharusnya mudah disematkan pada hardware, aplikasi, atau server pada aplikasi Anda. Perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat dari diterapkannya ESB karena penggunaannya yang maksimal.

  1. Bisa diterapkan di cloud

Saat ini, perusahaan-perusahaan mulai menimbang penggunaan cloud pada proses bisnisnya karena kemudahan yang ditawarkan. Walaupun saat ini perusahaan Anda belum menggunakan cloud, platform ESB yang Anda pilih sebaiknya juga mendukung penggunaan cloud. Jika suatu saat perusahaan Anda ingin menggunakan cloud, Anda tidak perlu kesusahan berpindah ke cloud.

Beberapa perusahaan ingin menjadi lebih agile dengan cara mengurangi time-to-market sebagai sebuah inisiatif baru. Solusi enterprise services bus hadir untuk mendukung strategi tersebut dengan menerapkan sistem “pluggable” yang sederhana serta scaleable. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan PhinCon penyedia solusi enterprise services bus.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui lebih lengkap mengenai solusi enterprise services bus dari para ahli.

 

 

Referensi:

https://www.mulesoft.com/resources/esb/what-esb

 

Artikel terkait:

Integrasi Lebih Ringkas Dengan Pemanfaatan Enterprise Service Bus

Leave a Reply

Your email address will not be published.