Memiliki kualitas contact center yang baik bukan lagi menjadi sebuah pilihan, tapi sudah menjadi sebuah keharusan. Seiring dengan kemajuan teknologi dalam kehidupan kita, contact center memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis karena menjadi penghubung utama untuk berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan, saat ini, salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan di mata pelanggannya dapat dilihat dari kualitas contact centernya.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk selalu mengikuti perkembangan tren dalam dunia contact center agar dapat selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Terlebih di masa krisis seperti saat ini, contact center memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Kami telah merangkum informasi mengenai tren contact center di tahun 2021 yang diharapkan dapat berguna bagi seluruh praktisi contact center untuk membangun operasional contact center yang lebih strategis di masa depan. Berikut penjelasannya:

#1 Tren Contact Center di Tahun 2021: Menghadirkan fleksibilitas ruang kerja untuk agent

Jika ingin memiliki operasional contact center yang dapat diandalkan di masa yang akan datang, kita harus belajar dari situasi pandemi di tahun 2020 ini yang mengharuskan perusahaan mengurangi kapasitas jumlah karyawan dalam satu ruangan. Di tahun 2021 nanti, salah satu strategi yang harus dihadirkan perusahaan dalam operasional contact centernya adalah meningkatkan fleksibilitas ruang kerja untuk agentnya.

Ini artinya, perusahaan harus memiliki infrastruktur yang memungkinkan agent dapat tetap melayani pelanggan, walaupun tidak bekerja di kantor. Dengan begitu, apa pun kondisinya, operasional contact center tetap berjalan tanpa hambatan.

Perusahaan perlu memanfaatkan teknologi yang dapat membantu agent dan karyawan yang terlibat dalam operasional contact center tetap produktif walaupun harus bekerja dari rumah.

#2 Tren Contact Center di Tahun 2021: Fokus pada strategi “digital first

Memanfaatkan AI dan sistem berbasis cloud akan sangat dibutuhkan demi kelancaran operasional contact center di masa yang akan datang. Fokus pada strategi “digital first” akan membantu perusahaan menjaga hubungan dengan pelanggan di masa krisis ini.

Perusahaan dapat memanfaatkan AI untuk menganalisa kebutuhan pelanggan dan memberikan saran yang relevan secara real-time kepada human agent, agar mereka dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan.

Jadikan teknologi otomatisasi, AI, dan sistem berbasis cloud sebagai solusi utama untuk menciptakan operasional contact center yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sinergi antara human agent dan teknologi akan menghasilkan operasional contact center yang lebih efektif dan efisien.

#3 Tren Contact Center di Tahun 2021: Pemanfaatan teknologi pendukung customer self-service

Saat ini, hampir semua pelanggan memanfaatkan smartphonenya untuk mencari tahu informasi mengenai suatu brand. Jumlah transaksi online di tahun 2020 ini juga semakin meningkat pesat karena banyak pelanggan yang memilih untuk mengurangi kontak fisik ketika membeli keperluan dan kebutuhan mereka.

Itu artinya, perusahaan harus siap memberikan layanan yang lebih cepat dari sebelumnya dan menghadirkan seamless experience yang memenuhi bahkan melebihi ekspektasi pelanggan.

Untuk dapat melakukannya, perusahaan dapat memanfaatkan solusi teknologi pendukung customer self-service seperti Interactive Voice Response (IVR), FAQ online, dan Chatbot.

Solusi ini akan membuat human agent lebih fokus pada interaksi yang lebih banyak membutuhkan perhatian dan empati. Dengan memanfaatkan teknologi pendukung customer self-service ini, perusahaan dapat selalu menghadirkan layanan yang cepat dan tepat berdasarkan masing-masing kebutuhan pelanggan.

Jadikan prediksi tren contact center ini sebagai referensi untuk membangun strategi contact center di masa depan

Di tahun 2021 nanti, contact center yang berkualitas dan dapat diandalkan bisa diraih dengan memperhatikan aspek People, Process dan Technology dalam operasionalnya. Untuk dapat menerapkan ketiga aspek tersebut dengan tepat, perusahaan membutuhkan partner yang mampu memberikan solusi contact center yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan. Jika suatu solusi dapat bekerja dengan baik di satu perusahaan, bukan berarti solusi tersebut akan bekerja dengan baik juga di perusahaan Anda. Maka dari itu, perlu adanya bantuan dari tenaga profesional agar Anda dapat menerapkan operasional contact center yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan.

Sebagai perusahaan penyedia solusi contact center, Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana sangat memahami kondisi, perkembangan dan tantangan yang ada dalam dunia contact center.

Phintraco Technology dan MitraComm Ekasarana akan memberikan solusi dan layanan terbaiknya untuk contact center dengan memastikan seluruh solusi dan layanan yang diberikan selalu mengikuti perkembangan teknologi, serta memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan yang terus berkembang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tren dan strategi contact center di tahun 2021, Anda dapat menghubungi kami di marketing@phintraco.com   

Referensi:

https://www.ttec.com/articles/contact-center-trends-2021-reset-your-contact-centers-long-term-stability