Blog

Perlunya Kesadaran Bisnis Seputar Masalah Keamanan Privileged Account

06 April 2022 Admin Marketing Blog

Teknologi terus berubah dan berkembang sehingga semua perusahaan sudah menggunakan teknologi informasi untuk mendukung bisnis dan sistem operasi perusahaan. Namun pada saat yang bersamaan, penggunaan teknologi informasi hasuslah diiringi dengan kesadaran akan ancaman pada sistem keamanan informasi. Keamanan informasi sangatlah penting untuk diperhatikan, karena tanpa memperhatikan keamanan sistem informasi dapat membawa risiko untuk perusahaan. Hal tersebut dapat memberikan celah penjahat siber dalam mengambil alih sistem informasi perusahaan.

Kasus serangan siber melonjak di era digital saat ini. Serangan siber yang biasa terjadi akan menargetkan akses kredensial pada pengguna privileged account. Dilihat dari hal tersebut, maka perusahaan perlu kesadaran untuk mengambil langkah pencegahan dengan memiliki keamanan privileged account yang berkelanjutan. Namun sebagian besar perusahaan tidak terlalu peduli akan keamanan privileged account dan memberikan akses secara cuma-cuma ke internal perusahaan. Padahal data sensitif yang ada pada privileged account merupakan target penjahat siber.

Mengapa Keamanan Privileged Account sangatlah penting?

Privileged account adalah akun istimewa, akun yang diistimewakan ini diciptakan untuk pengguna yang paling dipercaya dalam mengakses sistem khusus, serta menjaga aset dan informasi paling penting dari perusahaan. Di sinilah perusahaan memerlukan kendali utuh dari privileged account, termasuk kemampuan untuk mengaudit penggunaan, memberlakukan pembatasan waktu otomatis, serta pencabutan akses sesuai dengan kebutuhan.

Jika penjahat siber mendapatkan akses ke privileged account, mereka juga dapat memperoleh akses ke semua informasi sensitif perusahaan, menggunakan alat akses jarak jauh, mencuri data sebanyak mungkin juga bahkan dapat melakukan penipuan.  Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, manajemen keamanan privileged account merupakan prioritas nomor satu untuk keamanan informasi perusahaan. Maka dari itu, perusahaan perlu untuk tahu solusi yang tepat dalam menghadapi dan meminimalisir resiko ancaman keamanan privilaged account mereka.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Manajemen Keamanan Privileged Account?

Salah satu cara dalam menciptakan kendali utuh untuk melindungi keamanan privileged account perusahaan adalah dengan menggunakan Privileged Access. Privileged Access dapat mengontrol seluruh keamanan data, infrastruktur, dan aset perusahaan jika di kelola secara tepat. Namun jika tidak, hak akses tersebut bisa mendatangkan dampak negatif karena dapat menjadi celah bagi penjahat siber untuk mencuri data dan informasi perusahaan.

Ketika sebuah perusahaan mempertimbangkan peran Privileged Access yang sangat krusial bagi perusahaan, maka dari itu solusi Privileged Access Management menjadi salah satu solusi yang sangat efektif untuk menjaga keamanan IT mereka. Dengan memilih dan mengimplementasi solusi Privilleged Access Manageet atau PAM secara tepat, maka hampir sebagian besar ancaman siber dapat diatasi.

Untuk memaksimalkan kontrol keamanan Privileged Access, perusahaan perlu memilih solusi Privileged Access Management (PAM) yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan solusi tersebut? Perusahaan perlu bekerja sama dengan partner IT security yang telah memiliki banyak pengalaman dalam implementasi solusi PAM ini.

Sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT di Indonesia, Aplikas Servis Pesona menawarkan solusi Privileged Access Management untuk menyempurnakan strategi keamanan informasi perusahaan. Tim ahli Aplikas Servis Pesona sudah tersertifikasi dalam memberikan solusi keamanan IT yang tepat untuk keamanan informasi perusahaan.

Ketahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Privileged Access Management dengan menghubungi kami di marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://www.cyberark.com/resources/blog/when-privileged-account-security-gets-cloudy

https://www.cyberark.com/products/privileged-access-manager/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *